Dekranasda Kabupaten Solok Berpartisipasi Dalam Pameran INACRAFT 2024

Arosuka Solok, integritasmedia.com - DALAM Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Solok ikut berpartisipasi dalam pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair atau INACRAFT 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (28/2/24).


Sebagai pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara, Dekranasda Kabupaten Solok melihat peluang kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Solok di gelaran acara ini.


Sekretaris Dekranasda Kabupaten Solok Yenti Nova mengatakan, IKM Kabupaten Solok dari tahun ketahun kian meningkat. Di tahun ini, Dekranasda Kabupaten Solok optimis IKM Kabupaten Solok bisa lebih maju lagi.


“Alhamdulilah sekali dari tahun ke tahun itu banyak sekali perkembangannya IKM didaerah meningkat. Dan tahun ini saya melihat sangat optimis keberhasilan IKM kabupaten Solok itu lebih meningkat lagi dari tahun-tahun yang kemarin,” ujarnya.


Saat ini, IKM yang banyak diminati di Kabupaten Solok adalah kerajinan tenun, batik. Menurutnya, kerajinan batik atau tenun memiliki ciri khas tersendiri. “Sulamannya halus dan juga bordirannya timbul sekali,” katanya.


Selain menonjolkan Industri Kecil Menengah (IKM)di bidang kerajinan dan kain, tahun ini Dekranasda akan gencar menonjolkan IKM yang memproduksi makanan.


Untuk memajukan IKM Kabupaten Solok, Dekranasda akan melakukan pendampingan dan support baik secara materil dan immateril untuk memberdayakan IKM. Selain itu, mengikutsertakan IKM Kabupaten Solok di event-event baik lokal ataupun nasional gencar dilakukan. 


Menurutnya, penting adanya kolaborasi antara Dekranasda, Dinas terkait, pelaku usaha IKM dan masyarakat.


Ia menyampaikan, untuk target tahun ini, Dekranasda akan mendorong IKM Kabupaten Solok agar bisa eksis di event-event berskala nasional. Salah satu langkahnya adalah dengan mengikut sertakan IKM Kabupaten Solok di acara INACRAFT 2024 ini.


IKM Kabupaten Solok yang ikut serta dalam acara ini adalah Tenun Talang Sarumpun dari Sungai Janiah, Banun Songket Sungai Lasi, Tenun Family dari Batu Banyak Lembang Jaya, Batik Berkah Umat Bukit Tandang, Salingka Tabek Koto Baru Kubung, Batik Minang Panyakalan,.


Sulaman dari Lona Collection Muaro Paneh, Eco Print dari Tigo Lurah Rangkiang Luluih, Anyaman Perdana Pandan dari Junjuang Siriah, Tas By Emiko Produk asli milik Ketua Dekranasda Kabupaten Solok  dan Jeliza Collection Mungkenah dari Sulit Air.


Ia berharap, IKM Kabupaten Solok bisa lebih fokus mengembangkan produk lokal dan lebih bisa mengembangkan kualitas.”Apa yang ada di Kabupaten Solok itu terus digali dan ditingkatkan,” ujarnya.


"Kami berharap melalui pameran ini Produk IKN Kabupaten Solok dapat tayang dan dikenal baik di Kabupaten, Provinsi maupun di tingkat Nasional." Sebutnya.


Dan kita menargetkan pada Pameran Inacraft 2024 ini mulai dari tanggal 28 sampai 3 Maret nanti penjualan produk IKN Kabupaten Solok dapat tembus hingga ratusan juta rupiah," harapnya.(tmi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama