Dorong Pengembangan Usaha, Pemkab Solok Laksankan Rakor Bersama 550 Pelaku UMKM dan IKM

Arsuka Solok, integritasmedia.com - PEMKAB Solok sangat mendorong segala bentuk Pengembangan bagi  Pelaku UMKM dan IKM yang àda di jajaran Pemkab Solok, dan Pemkab Solok bakal tetap carikan jalan keluarnya dalam mengembangkan usahanya. Hal itu disampaikan Bupati Solok Epyardi Asda. Dalam Rapat Koordinasi (Rakor), bagi 550 orang pelaku Usaha Bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), IKM(Industri Kecil dan Menengah), Pengurus Koperasi dan Pengelola Pasar se-Kabupaten Solok Sabtu, (10/2/ 24)  di Aula Islamic Center Koto Baru.


Rakor dihadiri langsung Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt Sutan Majo Lelo. Ketua Dekranasda Kab. Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Kepala DKUKMPP  Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si. Kepala OPD, Camat Kubung Acil Fasra, S.IP, MM,  Manajer Boediman Swalayan sebagai Narasumber Kegiatan. Dan Forum UMKM Kab. Solok, serta Pelaku Usaha Se-Kabupaten Solok.


Kepala DKUKMPP Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Solok Ahpi Gusta Tusri dalam laporanya menatakan. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai media komunikasi,  dan menampung aspirasi,  untuk meningkatkan kompetensi para pelaku usaha yang ada  di Kabupaten Solok.


Peserta dari kegiatan ini berjumlah sebanyak 550 orang dengan menghadirkan Narasumber dari Manajer Boediman Swalayan,  sebagai pemateri dan pemberi motivasi bagi seluruh pelaku usaha di Kabupaten Solok.


Disebutkan dia, saat ini kita sedang mengadakan MoU dengan Boediman Swalayan untuk memasarkan produk UMKM Kabupaten Solok.


Sementara Bupati Solok Epiyardi Asda dalam sambutanya menyatakan. Sektor perdagangan merupakan salah satu faktor utama dalam peningkatan ekonomi masyarakat, sebagaimana disampaikan penggiat usaha perdaggangan, bahwa sebagian besar peredaran uang itu ialah melalui perdagangan.


Untuk itu sebagai Bupati Solok pihaknya memberikan Apresiasi yang besar kepada Dinas UKMPP. Yang telah melaksanakan pembinaan bagi para pelaku Usaha kecil mikro dan menengah serta industri kecil dan menengah yang ada di Kabupaten Solok selama ini. Begitu juga perta perannya dalam membangun MoU bersama Boediman Swalayan untuk memasarkan produk UMKM di Kabupaten Solok.


Tentunya kata Epyardi Asda, untuk mengembangkan UMKM dan IKM langkah kita selanjutnya. Yakni akan membina seluruh UMKM di Kabupaten Solok sesuai dengan jenis dan bidang usahanya masing-masing. "Tujuanya sehingga pembinaan yang kita berikan tepat sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha," harapnya.


Disebutkan dia, Pemerintah juga akan membuat edaran kepada seluruh distributor, restoran maupun penginapan di Kabupaten Solok


 Agar mengutamakan menjual produk hasil UMKM di Kabupaten Solok. "Sehingga ekonomi masyarakat dapat berputar dan memberikan keuntungan bagi masyarakat Kabupaten Solok," ujarnya.(tmyr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama