Kesejahteraan Keluarga Menjadi Salah Satu Barometer Pembangunan Daerah

Kota Solok, integritasmedia.com - KESEJAHTERAAN keluarga menjadi salah satu tolak ukur dan barometer pembangunan Daerah, disinilah peran penting PKK untuk mendorong terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, harmonis dengan berlandaskan ABS-SBK. Syara' Mangato adat mamakai," ungkap Walikota Solok Zul Elfian Umar ketika membuka Rakor TP-PKK Kota Solok di gedung Kubuang XIII Kota Solok, (19/2/24).


Dikatakan Zul Elfian Umar, TP-PKK Kota Solok, Bangun keluarga Sejahtera melalui 10 Program Pokok PKK. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) memanggul peran strategis dalam menyukseskan pembangunan daerah, Melalui 10 program utama PKK dalam membina dan membentuk serta membangun kesejahteraan keluarga.


"Apalagi dengan kondisi kekinian daerah, PKK lebih memiliki peran penting dalam membangun keluarga yang kuat dan mandiri sebab keluarga merupakan unit terkecil yang harus dibangun terlebih dahulu dalam menyukseskan pembangunan Daerah," ujarnya.


Untuk menyukseskan program pokok PKK, TP PKK Kota Solok harus bersinergi dalam bentuk program dan kerjasama dengan pihak terkait terutama dengan instansi pemerintah dan lembaga bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.


Zul Elfian Umar berharap, TP PKK Kota Solok lebih proaktif ke depan dalam memperkuat manajemen kelembagaan dalam mengembangkan jaringan mitra sinergis dan lembaga kemasyarakatan lainnya. Hendaknya program kerja TP-PKK juga diselaraskan dengan Visi dan misi daerah.


"Tingkatkan terus kualitas pengetahuan dan keterampilan jajaran PKK dan tingkatkan terus potensi kelompok-kelompok dasawisma dalam menggerakkan 10 program pokok PKK," harap Zul Elfian.


Sementara itu, Ketua TP-PKK kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian mengatakan dalam menjalankan program PKK tahun 2023 telah banyak hal positif yang berhasil dicapai dalam pembangunan keluarga yang lebih sejahtera di Kota Solok melalui program pokok PKK.


Disamping berbagai capaian tersebut juga ditemukan berbagai persoalan yang berkaitan dengan pembangunan keluarga sejahtera namun dengan semangat dan keikhlasan, semua itu dapat diatasi dengan menggerakkan potensi dan pemberdayaan keluarga.


"Terimakasih kepada segenap pembina, jajaran pengurus TP PKK Kota Solok yang mau bekerja dengan sama dan sama-sama bekerja dalam rangka mewujudkan pembangunan keluarga sejahtera yang tentunya juga bermuara pada pembangunan daerah," ungkap Zulmiyetti Zul Elfian.


Ketua Dharma Wanita (DW) Rida Syaiful menyebutkan Rapat Koordinasi TP-PKK Kota Solok ditujukan untuk mensinkronkan program kerja TP-PKK dengan program kerja Organisasi Perangkat Daerah yang menjadi mitra kerja PKK Kota Solok.


"Melalui rakor ini diharapkan juga terjadi kesamaan persepsi dan pedoman dalam pelaksanaan operasional dari masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) dan dapat menetapkan program/kegiatan unggulan di kelurahan-kelurahan," bebernya.(tmi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama