Mari Kita Lestarikan Adat Budaya Serta Seni Tradisi, Ujar Erizal Chaniago caleg DPR-RI nomor urut 2 dari Partai Gerindra Wilayah 2 Sumbar






Padang Pariaman, Ibtegritasmedua.com-Erizal Chaniago caleg DPR-RI nomor urut 2 dari Partai Gerindra Wilayah 2 Sumbar sangat antusias dalam melestarikan adat dan seni budaya yang ada, dan  dalam rangka pelestarian Budaya Adat Alam Minangkabau dalam hubungannya dengan “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK)” di  Sumatera Barat. 


Erizal Chaniago melakukan kunjungan ke Korong Pinang Pauh Kamba Kabupaten Padang Pariaman tanggal 19 Januari 2024 lalu.Di Korong Pinang tersebut Erizal Chsniago disuguhi dengan atraksi seni budaya anak Nagari dengan melihat pertunjukan 'layangan, serta seni tradisi  tambua dan indang dan Silek Ulu Ambek.


Dalam kesempatan tersebut Erizal Chaniago menyampaikan bahwa seni budaya merupakan sebuah adat istiadat, tradisi, dan eksistensi yang merupakan ciri khas bagi suatu bangsa. Melestarikan seni budaya merupakan tantangan tersendiri khususnya bagi generasi muda dan para pelaku seni.


Disampaikannya juga bagaimana kita  mempertahankan dan melestarikan serta mengembangkan seni budaya khususnya seni musik tradisi yang ada di Padang Pariaman khususnya dan Minangkabau secara umum supaya bisa dilihat oleh masyarakat serta turis sehingga akan menambah nilai history dan nilai ekonomis bagi masyarakat, ujar Erizal Chaniago.


Lebih lanjut disampaikannya bahwa seni indang batua dari Nagari Pauh Kamba yang masih dilestarikan ini memberikan fungsi tentang ajaran agama Islam, sopan santun nilai-nilai adat.Erizal menghimbau juga kepada masyarakat Minangkabau secara luas supaya adat, seni tradisi serta budaya yang merupakan kearifan lokal supaya dilestarikan dan tidak punah, Dia sangat berterimakasih kepada tokoh masyarakat  serta Masyarakat Nagari Pauh Kamba yang melestarikan adat, seni tradisi dan budayanya, ujar Erizal Chaniago.(AC Dtk )


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama