Pemkab Solok Gelar Fokus Group Koordinasi Tim Percepatan Pembangunan Daerah

Arosuka Solok, integritasmedia.com - STAF Ahli bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Eva Nasri, sekaligus Ketua Harian TPAKD Kabupaten Solok memimpin Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Sekretariat BAZNAS Kab. Solok Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung, Selasa (21/2/24).


Hadir sebagai peserta Rakor diantaranya Kabag Perekonomian dan instansi terkait lainnya, Ketua BAZNAS Kab Solok bpk. Edwar dan pengurus. Pada kegiatan Rakor kali ini sekaligus juga diserahkan bantuan kepada pelaku usaha dari penyandang DISABILITAS Kabupaten Solok, yang diserahkan langsung oleh Eva Nasri mewakili Bupati Solok.


Menurut data dari Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 oleh OJK, Indeks literasi keuangan hanya mencapai 49,68%, sedangkan Indeks Inklusi mencapai 85,10%, yang masih tergolong rendah. 


Ini menunjukkan masyarakat masih kesulitan dalam mengatur dan memanfaatkan jasa keuangan, mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan keputusan keuangan.


Dalam rangka meningkatkan akses keuangan di daerah, Pemerintah Kabupaten Solok melalui TPAKD membuat inovasi dan terobosan, antara lain Program PANAKOK (Percepatan Akses Keuangan Nagari Kabupaten Solok) memberikan edukasi kepada masyarakat tentang rencana keuangan, pengelolaan keuangan, dan akses keuangan dengan fokus pada sektor UMKM, pertanian, dan pariwisata. Program ini melibatkan OJK, perbankan, dan OPD terkait.


Program BERAS SOLOK (Berantas Rentenir di Kabupaten Solok) bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelaku usaha UMKM dan pertanian tentang rencana keuangan, pengelolaan keuangan, serta rencana dan pengelolaan usaha. Program ini juga melibatkan kerjasama dengan OJK, perbankan, OPD terkait, dan BAZNAS untuk memberikan zakat kepada pelaku usaha yang membutuhkan serta pendampingan dalam pengelolaan usaha.


Di tahun 2024, TPAKD Kabupaten Solok juga memberikan bantuan kepada lebih dari 2000 penyandang disabilitas di Kabupaten Solok sesuai dengan bidang usaha dan keahlian masing-masing.


Pada tahun 2023, TPAKD Kabupaten Solok menerima penghargaan sebagai TPAKD terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat dari OJK RI. Harapannya, dengan kerjasama lintas instansi yang baik, TPAKD Kabupaten Solok dapat terus menjalankan perannya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sesuai dengan visi dan misi Bupati Solok.(tmi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama