Warga Binaan Lapas Kelas 2B Payakumbuh, Setiap Hari Diberi Siraman Rohani

  

                          Rizawaldi, SH, MM

Payakumbuh, Integritasmedia.com- Pembinaan narapidana merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam proses penegakan hukum, Dari adanya sistem pemasyarakatan diharapkan para Warga Binaan Pemasyarakatan bisa menjadi manusia seutuhnya terlepas dari kejahatan yang ia lakukan, menyadari akan kesalahannya, dapat memperbaiki diri, dan tidak ada niatan untuk mengulangi tindak pidana kembali. Namun masalah yang dihadapi sekarang ini ialah masih banyaknya kita temui atau kita dengar tentang adanya pelaku-pelaku kejahatan yang “kambuhan” atau masih melakukan kejahatan tindak pidana kembali.

Dalam rangka supaya narapidana tersebut tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum kembali, lapas kelas 2BPayakumbuh mempunyai beberapa program yang telah dilaksanakan.Ini disampaikan oleh Kasi Bimbingan Napi Anak Didik Rizawaldi,SH,MM sewaktu istirahat siang  di kadai kopi Yanti daerah galanggang, sambil minum teh telur.Dikatakannya bahwa seluruh warga binaan di lapas Payakumbuh setiap harinya ditanamkan tentang kemandirian dan kepribadian dengan siraman rohani tentang keagamaan berupa ceramah agama, penyuluhan agama dan tentang peringatan hari-hari Islam lainnya.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa selain agama,seluruh warga binaan juga diberikan pelatihan keterampilan tentang kewirausahaan, supaya nantinya warga binaan tersebut jika sudah selesai dibina dan berinteraksi dengan masyarakat, maka mereka bisa berusaha untuk kehidupan sehari-harinya.

Pelatihan yang dilaksanakan di lapas tersebut seperti menjahit,las,listrik,dan kerajinan lainnya. Untuk pelatihan bagi warga binaan di lapas Payakumbuh ini bekerjasama dengan pihak ketiga yang dianggarkan oleh pemerintah.Pelaksanaan pelatihan tersebut dilakukan per paket yang  dilaksanakan sekali 2 bulan  yang diikuti oleh warga binaan secara bergantian, ujar  Reza. (AC Dtk)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama