Diawali Buka Puasa Bersama, Wako Zul Elfian bersama Gubernur Sumbar Sholat Tarwih di Masjid Syura Pandan

Kota Solok, integritasmedia.com - GUBERNUR Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, didampingi Wali Kota (Wako) Solok, Zul Elfian Umar beserta jajaran menunaikan ibadah Salat Isya dan Tarawih di Masjid Besar Syura Pandan, Kota Solok, Senin (25/3/24) malam. Dalam kesempatan itu, Gubernur mengapresiasi program pembinaan generasi muda di Kota Solok, serta menyalurkan bantuan untuk pengembangan masjid.


"Alhamdulillah, setelah tadi kita berbuka di Rumah Dinas Wali Kota, kita melanjutkan agenda safari ke Masjid Syura Pandan. Kehadiran generasi muda di masjid ini sangat ramai dan penuh antusias. Kita mengapresiasi Pemko Solok yang fokus pada pembangunan sarana rumah ibadah yang nyaman bagi warga," ucap Gubernur. 


Pembinaan generasi muda, sambung Gubernur, membutuhkan penguatan oleh tiga rumah, yaitu rumah tangga, rumah sekolah, dan rumah ibadah. Kepemimpinan Wako dan Wawako Solok, disebut Gubernur sangat baik dalam mengimplementasikan pendidikan dan pembinaan yang baik bagi generasi muda di Kota Solok.


"Ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 17 tentang Provinsi Sumbar dan fokus kita di provinsi dalam pembinaan generasi muda, yang turut mengimplementasikan falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah," kata Gubernur lagi. 


Dalam agenda Safari Ramadhan, Pemprov Sumbar juga menyalurkan bantuan bagi pengembangan pembangunan Masjid Syura Pandan senilai Rp50 juta, ditambah dengan bantuan dari Bank Nagari Rp5 juta, Jamkrida Rp5 juta, serta bantuan perangkat alat ibadah dari Kanwil Kemenag Sumbar serta jajaran OPD di lingkup Pemprov Sumbar.


Di sisi lain, Wako Solok Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan TSR Pemprov Sumbar ke Kota Solok. Terlebih pada malam yang sama, Wagub Sumbar, Audy Joinaldy bersama TSR Provinsi lainnya juga menggelar Safari Ramadhan di Kota Solok.


"Jadi, di hari yang sama, Bapak Gubernur dan Wagub bersamaan hadir di Kota Solok, dan tidak semua daerah mendapatkan kesempatan yang istimewa seperti yang diperoleh Kota Solok. Hal ini tentu semakin menegaskan besarnya perhatian Pemprov Sumbar kepada Kota Solok," ujar Wako Zul Elfian.


Diakui Zul Elfian Umar, perhatian gubernur bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kepada Kota Solok sangat luar biasa. " Terimakasih kami ucapkan kepada bapak gubernur yang telah memberikan perhatian lebih untuk daerah ini. Semoga Gubernur dan Wakil Gubernur selalu diberikan kesehatan dan kesabaran memimpin Sumatera Barat," ujar wako.


Diantaranya pembangunan Stadion Marah Adin di Laing. Kota Solok semenjak berdiri sampai saat ini belum pernah sekalipun menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar. Insya Allah Tahun 2025 Kota Solok akan menjadi tuan rumah dan sedang mematangkan persiapan.


Pembangunan lain di Kota Solok juga banyak dibantu Pemprov Sumbar. " Semoga ke depan Kota Solok dan Provinsi Sumbar akan sama-sama maju," tutup wako.


Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Syura Pandan, Novriadi Syam, mengungkapkan terima kasih kepada rombongan TSR Pemprov Sumbar bersama Wako Solok ke masjid tersebut. Terlebih, pada 2 Februari 2024 lalu masjid tersebut diresmikan oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah.


"Kalau kami tidak salah, sudah empat kali dengan saat ini Bapak Gubernur berada di Masjid Syura Pandan ini. Tentu saja ini menjadi berkah tersendiri bagi kami. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Bapak Wako Zul Elfian, yang terus memberikan perhatian kepada masjid ini, karena memang pembangunan masjid ini bersumber dari APBD Kota Solok," ucap Afriadi.(Roni)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama