Diiringi Pasukan Kuning, Piala Adipura Diarak Keliling Kota Solok

Kota Solok, integritasmedia.com - PIALA Adipura tahun 2023 menjadi penghargaan yang cukup spesial bagi Kota Solok. Penghargaan di bidang lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu menjadi kado bagi Kota Solok jelang memasuki bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.


Sebagai bentuk rasa syukur dan juga terimakasih terhadap seluruh pihak, Pemerintah Kota Solok membuat penyambutan khusus terhadap Piala Adipura ke-11 tersebut. Piala Adipura yang dijemput Wako Zul Elfian Umar itu kemudian di arak keliling Kota Solok.


Arak-arakan dipimpin sekretaris daerah Kota Solok, Syaiful dari atas mobil bak terbuka dengan membawa Piala Adipura. Kemudian diikuti oleh belasan mobil angkutan sampah yang membawa puluhan pasukan kuning yang berjasa menjaga kebersihan dan keindahan Kota Solok, serta ratusan sepeda motor (11/4/24).


Dari Balai Kota Solok, arak-arakan bergerak sekitar pukul 09.00 WIB. Rombongan kemudian melewati rute menuju KTK, Simpang Rumbio, Air Mati, Pasar Raya dan VI Suku dan kembali lagi ke Balai Kota. Arak-arakan itu menjadi momen bahagia bagi PHL di DLH Kota Solok.


Kabid Pengelolaan Sampah, Asril memberikan apresiasi kepada pasukan orange (petugas Kebersihan) yang telah mendedikasikan dan mengabdikan dirinya menjadi pahlawan kebersihan. Dengan kerja keras dari seluruh petugas kebersihan, Kota Solok menjadi daerah yang indah dan bersih.


Menurut Asril, dalam menjalankan tugasnya, pasukan orange bekerja dengan penuh disiplin serta menunaikan tanggungjawab dengan sepenuh hati. Walau berbaur setiap hari dengan sampah, namun pasukan orange Kota Solok tetap bekerja dengan ikhlas.


“Terima kasih kepada seluruh petugas kebersihan yang telah bekerja keras menjaga Kota Solok. Kemudian terima kasih masyarakat dan semua pihak, Piala Adipura ini diraih karena semua kita saling menjaga dan merawat lingkungan, ini adalah prestasi kita bersama,” ungkap Asril.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok Edrizal mengatakan, Piala Adipura diberikan untuk beberapa kategori yaitu Sertifikat Adipura, Plakat Adipura, Piala Adipura dan Adipura Kencana.


"Untuk Kota Solok kita mendapat penghargaan di level ke-3 yakni Piala Adipura. Belum yang tertinggi, yakni Adipura Kencana. Adipura 2023 ini adalah penghargaan yang sebelumnya pernah di raih pada tahun lalu", katanya.


Ia menyebutkan, Adipura termasuk salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong penerapan kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, penerapan kebijakan persampahan penghijauan. Menurutnya, Adipura merupakan penghargaan bergengsi dan ditunggu-tunggu pemerintah daerah.


"Adipura adalah sebuah kebanggaan, karena itu kami berharap penghargaan ini bisa mendorong masyarakat semakin mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan atau bentuk tindakan merusak lainnya," katanya.


Ia menyebutkan, agar ke depan bisa mendapatkan penghargaan tertinggi ini yaitu Adipura Kencana. "Insyaallah kita akan terus berbenah untuk yang lebih baik lagi ke depan. Dengan melahirkan berbagai inovasi untuk pengolahan sampah, baik oleh pemerintah maupun masyarakat, sehingga penghargaan Adipura Kencana ini bisa didapat dan Kota Solok," tutupnya.


Pada momen penyambutan dan arak-arakan Piala Adipura itu, petugas kebersihan Kota Solok juga mendapatkan reward dari Pemerintah daerah. Reward tersebut sebagai bentuk apresiasi dan terimakasih atas kerja keras pasukan orange dalam merawat Kota Solok.(tm)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama