Pemko Targetkan RSUD Kota Solok Beroperasi Juli Mendatang

Kota Solok, integritasmedia.com - PEMERINTAH Kota Solok menargetkan RSUD Kota Solok di Banda Panduang Kelurahan Tanah Garam sudah bisa beroperasi dan bisa segera dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat Kota Solok pada bulan Juli mendatang.


Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra saat memimpin safari ramadhan ke Masjid Darussalam di Biruhun, Rabu (20/3/24) malam.


Dijelaskannya,Kota Solok selama ini tercatat sebagai satu-satunya daerah di Sumatera Barat yang tidak memiliki rumah sakit sendiri. Sementara di sisi lain, tingginya laju pertumbuhan penduduk Kota Solok dalam tiga tahun terakhir ditambah laju urbanisasi dan eksodus penduduk menjadikan kebutuhan pelayanan kesehatan di rumah sakit semakin meningkat.


"Namun, keterbatasan tersebut, dengan ridho Allah, tidak akan menjadi persoalan lagi dengan beroperasinya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Solok di Banda Panduang nanti," sebutnya.


Dhani menegaskan, keberadaan RSUD akan melengkapi berbagai fasilitas kesehatan yang telah ada sebelumnya untuk mendukung pelayanan kesehatan seluruh masyarakat Kota Solok yang 100 persen sudah tercover dalam layanan BPJS Kesehatan.


“Pelayanan kesehatan masyarakat akan lebih mudah. Masyarakat peserta BPJS dapat bisa dilayani di rumah sakit tipe C. Keberadaan RSUD Kota Solok yang mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama, akan menampung peserta JKN sebanyak mungkin untuk mengurai antrean panjang pada RST Solok yang kapasitasnya juga terbatas,” kata Dhani.


Kemudian ia mengatakan, bahwa pembangunan rumah sakit dengan kapasitas 150 tempat tidur yang dikerjakan sejak awal tahun 2023 itu akan mengoperasikan layanan instalasi gawat darurat, rawat inap, rawat jalan, klinik penyakit dalam, penyakit anak, klinik mata, THT, bedah umum, penyakit kandungan hingga radiologi.


"Selain program BPJS Kesehatan, Pemerintah Kota Solok saat ini juga sudah memulai program perlindungan tenaga kerja melalui BPJS Ketenagakerjaan untuk Ketua RT, Ketua RW, Ketua LPMK, Imam dan Marbot Masjid, serta warga miskin yang rentan bekerja di luar ruangan secara bertahap didaftarkan dengan pembiayaan dari APBD Kota Solok," terangnya.


Di akhir pertemuan, Wawako Ramadhani yang memimpin tim II Safari Ramadhan Pemko Solok, diwakili Ketua LKAAM, Rusli Khatib Sulaiman menyerahkan bantuan jasa penceramah khusus Ramadhan sebesar Rp3 juta untuk Masjid Darussalam, yang diterima langsung oleh Ketua Pengurus Masjid Romi Afrianto, S.Pd.


Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala Bappeda, Dr. Desmon, Ketua Bundo Kanduang, Sitta Novembra, Komisioner KPU, Yance Gafar, Camat Lubuk Sikarah, Elsye Desilina, dan Lurah Simpang Rumbio, R, harahap.(tmy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama