Wujud Kerja Keras, Kota Solok Kembali Raih Piala Adipura ke-11 Kalinya

Kota Solok, integritasmedia.com - PEMERINTAH Kota Solok kembali meraih Piala Adipura Kategori Kota Kecil dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 


Penghargaan bergengsi itu diterima langsung oleh Wali Kota Solok Zul Elfian Umar dari Wakil Menteri Lingkungan Hidup  Indonesia, Drs. Alue Dohong di Gedung Manggala Wana Bakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Selasa (5/3/24). 


Kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia beserta jajaran Kementerian LHK.


Atas anugerah piala Adipura, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar mengucapkan terima kasih kepada warga kota yang sudah menjaga kebersihan lingkungan di Kota Solok tercinta. "Alhamdulillah Kota Beras Serambi Madinah  kembali mendapatkan penghargaan Adipura  Tahun 2023 Kategori Kota Kecil", jelasnya.


Zul Elfian menyebutkan, penghargaan tersebut dapat diraih kembali berkat kerja sama pemerintah daerah dan masyarakat karena memiliki kesadaran untuk mendukung terciptanya lingkungan yang bersih. "Jika tanpa kerja sama dan kesadaran dari masyarakat untuk menciptakan kebersihan, penghargaan ini tidak dapat diraih. Kami apresiasi peran warga dan kinerja perangkat daerah," katanya.


Dengan diraihnya penghargaan Adipura, ia mengharapkan bisa menjadi motivasi bagi perangkat daerah untuk lebih meningkatkan kinerja dan berinovasi guna menciptakan layanan dan kota yang nyaman bagi warga dan pengunjung.


"Ini adalah bukti bahwa Kota Solok adalah kota yang memiliki masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungannya. Terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada petugas kebersihan yang telah bersusah payah menguras energinya untuk keindahan dan kebersihan kota Solok," katanya.


Selanjutnya, Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat agar terus berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan untuk mewujudkan Kota Beras Serambi Madinah bersih, nyaman dan asri.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok Edrizal mengatakan, Piala Adipura diberikan untuk beberapa kategori yaitu Sertifikat Adipura, Plakat Adipura, Piala Adipura dan Adipura Kencana.


"Untuk Kota Solok kita mendapat penghargaan di level ke-3 yakni Piala Adipura. Belum yang tertinggi, yakni Adipura Kencana. Adipura 2023 ini adalah penghargaan yang sebelumnya pernah di raih pada tahun lalu," katanya.


Ia menyebutkan, Adipura termasuk salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong penerapan kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, penerapan kebijakan persampahan penghijauan. Menurutnya, Adipura merupakan penghargaan bergengsi dan ditunggu-tunggu pemerintah daerah.


"Adipura adalah sebuah kebanggaan, karena itu kami berharap penghargaan ini bisa mendorong masyarakat semakin mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan atau bentuk tindakan merusak lainnya," katanya.(tmi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama