BPBD Ingatkan Pemudik Jalur Sumbar-Riau, Waspada Terhadap Bencana Longsor

 


                     Kepala BPBD Rahmadinol


Limapuluh Kota, Integritasmedia.com-Beberapa hari lagi, musim mudik dalam rangka  menyambut lebaran Idul Fitri 2445 H, Pemerintah Limapuluhkota   sedang mempersiapkan diri untuk menyukseskan pulangnya pemudik dari rantau.


Musim mudik, perayaan lebaran Idul Fitri dan arus balik tahun ini berbarengan dengan situasi cuaca yang sedang dalam transisi dari musim hujan ke musim kemarau.


Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dalam masa libur Lebaran kali ini agar tetap waspada. 


Terkait itu, diperkirakan musim lebaran masih rawan terhadap bencana. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Limapuluh Kota Ramadinol mengatakan, kebakaran, angin kencang mengancam bencana selama musim transisi.


Meski demikian, katanya, longsor dan banjir bisa saja terjadi. "Karena itu kita ingatkan juga kepada pemudik terutama di Sumbar-Riau tetap waspada," ujar Rahmadinol.


Dijelaskannya, sepanjang jalan nasional Sumbar-Riau, ada puluhan titik rawan longsor. Mulai dari Hulu Aia hingga sampai ke perbatasan.


"Kita selalu imbau pengguna jalan tetap waspada, perbanyak membawa bekal sehingga apabila longsor terjadi bekal bisa dimanfaatkan sampai bantuan datang," katanya lagi.


BPBD Limapuluh Kota juga siaga 24 jam untuk antisiasi terjadinya bencana. Kemudian, melakukan koordinasi dengan lintas sektor sebagai bentuk tanggap darurat bencana.


"Mudah-mudahan, bencana terhindar di daerah kita. Mudah-mudahan arus mudik dan balik lebaran tetap lancar. Terpenting tingkatkan kewaspadaan terhadap bencana,"ujar Ramadinol. (AC Dt)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama