Pendidikan Inklusif Diapresiasi: SMPN 6 Kota Bukittinggi Jadi Sorotan

 

BUKITTINGGI , Integritasmedia.com– Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, meraih perhatian khusus pada Rabu (24/4) lalu dengan kedatangan Tim Dokumentasi Direktorat Kemendikbudristek RI. Tim tersebut memberikan apresiasi terhadap pendidikan inklusif yang dilaksanakan di sekolah tersebut.

SMPN 6 Kota Bukittinggi menjadi yang pertama di Sumatera Barat yang mendapat dokumentasi langsung dari pihak kementerian atas keunggulan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif.

Ketua Tim Kerja Publikasi Direktorat SMP Kemendikbudristek, Fathnurhayati, yang memimpin rombongan tersebut, bersama dengan Widyaprada Ahli Madya Ninik Purwaning, menjelaskan tentang Program Sobat SMP Goes to School. Program ini bertujuan untuk memproduksi video publikasi yang akan disosialisasikan melalui media sosial.

Meskipun bangunan fisik sekolah tidak terlalu besar, namun SMPN 6 Kota Bukittinggi mampu melayani pelajar dengan beragam kebutuhan tanpa adanya diskriminasi. Program inklusifnya telah berjalan dengan baik.

Program Sobat Goes to School mendukung prioritas dalam memberikan persamaan hak pendidikan bagi setiap pelajar, tanpa membedakan antara pelajar biasa dengan pelajar berkebutuhan khusus.

Proses dokumentasi dilakukan selama dua hari di sekolah tersebut dengan melibatkan seluruh guru dan pelajar.

Kepala sekolah SMPN 6, Tuti Yamila Sari Dewi, menyatakan bahwa sekolah ini telah menjalankan program inklusif selama dua tahun terakhir dengan fokus pada pemberian persamaan hak pendidikan bagi setiap pelajar.

Dalam sekolah tersebut, terdapat 27 pelajar berkebutuhan khusus, termasuk satu siswa dengan disabilitas penglihatan yang diberikan pendidikan dengan fasilitas khusus yang mudah dijangkau. Mereka digabungkan dengan pelajar lainnya untuk meningkatkan rasa empati di antara semua pelajar di sekolah tersebut. (A)

ADV
ERTISEMEN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama