Bukittinggi, Integritasmedia.com- Bencana banjir bandang lahar dingin hujan Gunung Marapi yangbterjadi Sabtu (11/05/2024) yang lalu.

Sejak awal bencana, Karang Taruna Kota Bukittinggi bergerak cepat mendirikan posko bantuan di salah satu rumah pengurus karang taruna di Sawah Paduan Bukittinggi. Posko ini menjadi pusat koordinasi berbagai kegiatan kemanusiaan, seperti penggalangan bantuan berupa dana, pakaian layak pakai, makanan, dan lainnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh warga terdampak.

Ketua Karang Taruna Kota Bukittinggi Muhammad Nazif, SE,MM. bersama Zulfahmie, saat ditemui di posko bumbung kemanusiaan di Sawah Paduan Sabtu (18/05/2024) menyebutkan penggalangan dana melalui berbagai platform, seperti media sosial, kotak amal, dan pengumpulan barang layak pakai. Dana yang terkumpul digunakan untuk membeli kebutuhan pokok, seperti sembako, peralatan mandi, popok anak, dan obat-obatan.

Alhamdulillah, dari donasi yang kita buka selama 4 hari mulai dari tanggal 14 mei sampai 18 mei 2024, cukup banyak terkumpul bantuan dari para anggota, relawan, masyarakat dan juga unsur lainnya, ucap Zulfahmie sebagai koordinator penggalangan dana dan juga ketua pelaksana kegiatan donasi ini.

Muhammad Nazif, selaku ketua Karang Taruna Kota Bukittinggi, menyampaikan kalau donasi ini merupakan kepedulian kami dan bentuk sinergitas dari Karang Taruna se-Provinsi sumbar. “Untuk distribusi bantuan kami bekerjasama dengan karang taruna kabupaten Agam, dan juga kawan-kawan dari Karang Taruna kecamatan Sungai Pua.

Kami tergerak melihat kondisi saudara-saudara kita yang terkena dampak banjir bandang dan galodo ini. Oleh karena itu, kami bersama-sama turun tangan untuk membantu meringankan beban mereka, ujar Nazif.

Donasi dan bantuan ini, diserahkan pada hari Jumat, tanggal 17 Mei 2024, disaksikan oleh Wali nagari Sungai Pua dan juga masyarakat setempat.

Ketua karang taruna Agam sangat mengapresiasi bantuan ini, karna sejatinya karang taruna harus membangun kekompakan dan saling membantu dalam bencana alam seperti ini.

Disebutkan Irfan Andri,.MM, ketua Katang Taruna Kabupaten Agam menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya dan berharap semoga ini akan menjadi budaya di karang taruna provinsi Sumatera Barat untuk saling menguatkan sesama kader pengurus karang taruna.

Kegiatan donasi ini menjadi bukti nyata bahwa semangat gotong royong dan kepedulian sosial masih tertanam kuat di kalangan pemuda Indonesia utamanya dibawah panji karang taruna. Mereka tidak hanya menjadi agen perubahan, tetapi juga menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat di masa-masa sulit, kata Irfan Andri. ( *)