Masyarakat Kabupaten Agam Lakukan Sholat Ghaib Korban Banjir dan Galodo

 



Agam, integritasmedia.com--Duka menyelimuti Sumatera Barat karena musibah Longsor dan Banjir Bandang yang melanda beberapa daerah di Sumatera Barat pada Sabtu 11 Mei yang lalu. Musibah yang datang sekejap mata merenggut nyawa, harta benda dan tempat tinggal warga. Sampai berita ini ditulis, tim penanggulangan bencana dan warga masih melakukan pencarian terhadap sejumlah korban yang tidak diketahui keberadaannya.


Longsor dan banjir bandang terutama melanda daerah yang berada di sekitar Gunung Marapi dan Gunung Singgalang serta daerah aliran sungai yang berhulu di dua gunung Marapi-Singgalang. Daerah ini meliputi sebagian besar wilayah Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam melalui surat yang diturunkan secara berjenjang dari Kanwil Kemenag Sumbar sampai ke KUA Kecamatan menyampaikan himbauan pelaksanaan Shalat Ghaib kepada seluruh Pengurus Masjid dan Mushalla di Kabupaten Agam. Shalat Ghaib ditujukan untuk menshalatkan dan mendoakan Kaum Muslimin dan Muslimat yang meninggal akibat musibah Longsor dan Banjir.


Selain itu melalui surat yang sama juga menghimbau para penyuluh agama, mubaligh/Khatib untuk menyampaikan topik ceramah/khutbah tentang anjuran sabar atas musibah, meningkatkan kepedulian sosial serta anjuran bertaubat dan memperbanyak istigfar.


Terpantau pada pelaksanaan Sholat Jum’at (17/5) di masjid-masjid di Kabupaten Agam, terutama di masjid-masjid besar dan masjid Jami’ dilaksanakan sholat ghaib. Begitupun tema khutbah jum’at yang disampaikan oleh khatib rata-rata mengacu pada anjuran yang disampaikan oleh Kemenag secara berjenjang.


Selain menurunkan Himbauan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam beserta jajaran juga melakukan penggalangan donasi untuk membantu korban bencana dengan tajuk “Aksi Peduli dan Solidaritas” melalui rekening Sosial Kemenag Agam Rek. BSI nomor 7152980587. Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan kepada korban yang terdampak longsor dan banjir bandang yang ada di Daerah Kabupaten Agam, (Team Redaksi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama