Penantang Incumbent Pada Kuat, Bakal Ada Sosok Gubernur Baru Dari Pilgub 2024 ?

Ilustrasi


Padang, integritasmedia.com - SEPERTINYA, pada Pilgub Sumbar 2024, calon incumbent Mahyeldi Ansharullah, bakal kewalahan menghadapi calon penantangnya, yang cukup tangguh dalam perebutan suara. Diantaranya, Prof. Ganefri (Rektor UNP), Epyardi Asda (Bupati Solok), dan Fadly Amran (Ketua DPW Nasdem Sumbar).


Memang, belakangan ini ada 8 sosok nama yang disebut-sebut bakal ikut kontestasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Sumatera Barat 2024. Namun, yang kemungkinan besar dan sudah Nampak keseriusannya, yakni, Mahyeldi Ansharullah (Gubernur Sumbar), Ganefri (Rektor UNP), Epyardi Asda (Bupati Solok), dan Fadly Amran (Ketua DPW Nasdem Sumbar). Sementara, 4 sosok lainnya, ada beban lain yang tak bisa diabaikannya.


Adapun, salah satu indicator, menurut pengamat politik, Nur Rochim S.I.P.,M.Si, dimana calon gubernur baru berpeluang menang adalah, karena perolehan suara kemenangan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Mahyeldi dan Audy Joinaldy, ketika Pilkada 2020 tidak terlalu tinggi, yakni 32,43%, ketika Pilgub Sumbar 2020 dulu (dikutip dari Tabloid ZAMAN)


Tentunya, ada sebanyak 67,57% lebih masyarakat Sumbar pada Pilkada 2020 tidak memberi dukungannya kepada Mahyeldi. Dan inilah peluang  bagi calon gubernur baru untuk memperebutkan suara tersebut. Meskipun ada kecenderungan calon incumbent memiliki peluang memenangkan pilkada. Namun demikian, pilihan masyarakat selalu berubah, jika calon incumbent itu tidak membawa perubahan bagi daerah dan masyarakatnya, ujarnya.


Apalagi, pilihan masyarakat Sumbar memang dinamis, sehingga kecenderungan berubahnya pilihan mereka dengan mudah bisa terjadi. Dan, masyarakat Sumbar akan mengamati nama-nama calon gubernur baru itu, bila mereka menganggap lebih baik dari pada calon incumbent, tentunya masyarakat akan memilih calon gubernur yang baru, ungkapnya.


Sementara, dari deretan nama tokoh dan politisi yang sosoknya banyak disebut-sebut bakal maju sebagai calon Gubernur Sumatera Barat tahun 2024. Meski diantara mereka, belum semuanya yang mendaftarkan dirinya, namun nama-nama tokoh dan politisi yang dinilai berpotensi maju sudah menjadi perbincangan public.


Diantaranya adalah, Mahyeldi Ansharullah, S.P.Gubernur Sumatera Barat periode 2021 hingga 2024 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia disebut-sebut sebagai salah satu bakal calon Gubernur Sumatera Barat 2024. Dia kelahiran 25 Desember 1966, dan sebelumnya merupakan Walikota Padang dua periode.


Selama kepemimpinannya, Mahyeldi mampu membawa Padang meraih kemajuan di bidang infrastruktur pariwisata dan kebersihan lewat pendekatan partisipatif. Mahyeldi juga memimpin penataan objek wisata dan pasar tradisional yang semrawut pasca gempa bumi 2009 tanpa menimbulkan gejolak.


Terus, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E., M.AP. Bupati Dharmasraya 2016-2024 dari partai PDI Perjuangan. Bupati termuda ini (kelahiran 27 Mei 1989)I. Ia adalah pengusaha bangsawan Minangkabau dan politikus Indonesia yang menjabat sebagai Bupati Dharmasraya selama dua periode yakni 2016 hingga 2021 dan 2021 hingga 2024.


Sutan merupakan salah satu Bupati termuda di Indonesia ketika dilantik usianya baru 26 tahun. Namanya diprediksi masuk dalam salah satu bakal calon Gubernur Sumatera Barat 2024. Sutan terjun ke dunia politik melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan menjadi Bendahara DPC PDIP Dharmasraya. Saat ini Sutan menjabat sebagai Sekretaris DPD PDIP Sumatera Barat.


Kemudian, juga nama Andre Rosiade, S.E. Anggota DPR RI 2019 hingga 2024, juga disebut- sebut. Ia lahir 7 November 1978, selain politisi dari partai Gerindra, juga seorang pengusaha. Dirinya juga menjabat sebagai ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat dan menjadi ketua tim kampanye Prabowo Gibran Sumatera Barat pada Pilpres 2024. Namun,Andre yang kembali terpilih jadi anggota DPR RI, diragukan bakal ikut kontestasi Pilgub Sumbar 2024 ini.


Nama Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng.  pengusaha dan politikus Indonesia dari Partai PPP yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumatera Barat 2021 hingga 2024. Dia kelahiran 16 Mei 1983 ini, bergelar Datuak Rajo Pasisia Alam. Dan ia juga merupakan pimpinan dua perusahaan di Sulawesi, yakni, Perkasa Group yang bergerak di bidang peternakan dan Lintas Group yang bergerak di bidang pertanian. Audy, kemungkinan bakal mendampingi Mahyeldi lagi, pada Pilgub Sumbar 2024 kelak. 


Selanjutnya Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. Rektor Universitas Negeri Padang 2016 hingga 2024, Ia juga bergelar Datuak Junjungan Nan Bagadiang. Pria yang lahir 17 Desember 1963 ini, juga merupakan seorang dosen pengajar dan akademisi Teknik Indonesia, yang tercatat sebagai ketua Badan Pembina Universitas Bung Hatta Kota Padang. Ganefri mengakui, rencana pengusungan dirinya sebagai bakal calon Gubernur Sumatera Barat 2024, adalah Partai Golkar, telah diinformasikan oleh ketua DPD Partai Golkar Sumbar.


Lalu, Fadly Amran, B.B.A. Walikota Padang Panjang 2018 hingga 2023, yang bergelar Datuak Panduko. Namanya diprediksi masuk dalam bakal calon Gubernur Sumatera Barat 2024.Pria kelahiran 9 Februari 1988 ini adalah seorang pengusaha dan politikus Indonesia dari Partai Nasdem. Fadly memiliki jumlah kekayaan yang mentereng yakni 77,9 miliar dan tercatat sebagai kandidat dengan kekayaan terbanyak ketiga di indonesia dalam pilkada serentak 2018. Pada 27 juli 2022 Fadli ditunjuk oleh Surya Paloh menjadi ketua dewan pimpinan wilayah DPW Partai Nasdem Sumatera Barat menggantikan Hendra Joni.


Yang cukup hangat diperbincangkan, adalah Epyardi Asda, M.Mar Bupati Solok periode 2021-2024, yang sebelumnya menjabat sebagai Anggota DPR RI fraksi PPP selama 3 periode. Pria kelahiran 11 Maret 1962 ini, bergelar Datuak Sutan Majo Lelo, yang juga merupakan seorang pengusaha pemilik PT kaluku Indah Permai, yang melakukan reklamasi di danau Singkarak. Pada tahun 2018 Epyardi memutuskan pindah ke Partai Amanat Nasional (PAN). Kini namanya digadang-gadang bakal masuk calon Gubernur Sumatera Barat 2024.


Begitu juga sosok Letkol Laut, (Purn.) Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si. Kini,  ia juga seorang politikus Partai Nasdem, yang pemilu kemaren ikut mencaleg DPR RI, dan belum beruntung. Mantan Walikota Padang dua periode ini, juga disebut- sebut ikut dalam kontestan Pilgub Sumbar 2024 ini. Fauzi Bahar terpilih pertama kali menjadi walikota, pada tahun 2003, melalui Sistem perwakilan di DPRD kota Padang.


Lalu, pada tahun 2008, ia terpilih kembali sebagai Walikota Padang, dalam pemilihan langsung pertama, oleh rakyat pada pemilihan umum. Kini namanya kembali disebut-sebut bakal maju kembali sebagai calon Gubernur Sumatera Barat 2024.(Rn/Rk/Rl/ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama