Tanah Datar

Mardi Bukan Keturunan Rajo Ibadat,Tetapi Pemegang Warisan Kerajaan,Ujar Mardi Kepada N.Dt.Rajo Lelo

Tanah Datar (Sumbar).Integritasmedia.com - Titik terang tentang Mardi yang diangkat oleh Taufik sebagai keturuan kerajaan mulai menampakkan titik terang siapa sebenarnya sosok Mardi yang di sampaikan oleh N.Dt.rajo Lelo sebagai salah seorang  Dt.Sapuluah dan Mardi adalah pemegang warisan Kerajaan Rajo Ibadat dan bukan keturunan dari Rajo Ibadat .
 
N.Dt.Rajo Lelo
Di sebutkan oleh N.DT.Rajo Lelo  bahwa Mardi dia di angkat oleh pihak Si linduang Bulan sebagai pemegang warisan kerajaan rajo Ibadat di Sumpur Kudus.Jadi sekali-kali tidak bahwa Mardi menyatakan dirinya sebagai Rajo Ibadat karena dianya Mardi sebagai Kemenakan Dt Sapuluah serta Niniak Nan batigo,itulah pernyataan mardi yang di sampaikan langsung Mardi kepada N.DT.Rajo Lelo di rumah Mardi beberapa waktu lalu
 
Di sampaikannya lagi bahwa Mardi di tunjuk oleh Taufik sebagai pemegang warisan kerajaan ,bukan Mardi mengaku sebagai rajo Ibadat,karena Mardi di undang oleh Taufik ke Silinduang Bulan secara acara kerajaan,jadi Mardi bukan Rajo dan bukan keturunan Rajo Ibadat.
 
Di sebutkan lagi apakah kepada Mardi,apakah Mardi mau di sumpah sebagai keturunan dari Rajo Ibadat,dan Mardi menjawab bahwa sebagai keturunan dari Rajo Ibadat,Mardi tidak mau di sumpah tetapi sebagai pemegang warisan Kerajaan (atau yang yang memegang warisan) memegang dan sebagai pemegang warisan ini di akui oleh  salah seorang Dt .Sapuluah,yaitu N.Dt. Rajo Lelo
Dan memang warisan Kerajaan Rajo Ibadat memang berada di rumah Mardi karena itu di suruh oleh Dt.sapuluah (tolong pegang dan pelihara warisan Kerajaan rajo Ibadat )
 
Jadi di sebutkannya lagi bahwa keluarga Mardi memang salah seorang kerabat kerajaan,yang pernah di pelihara oleh Rajo Ibadat dahulunya dan itu ada 3 kelompoknya yaitu : 1. Kampuang Dalam,pihak rajo mangkuto,2. Kampuang Tobiang,3.Rumah Baru,3.rajo gagah dan Rajo Lelo Niniak Mamaknyo ,dan Mardi ini berada di kelompok Rumah Baru dan mamaknya Dt.Rajo Gagah dan Dt.Rajo Lelo dan Mardi di angkat oleh Taufik karena mungkin menghormati Mardi ,ujar Mardi kepada kepada Dt Rajo Lelo. (Ant)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.