Disparpora Seleksi Pemilihan Duta Budaya Minang

Payakumbuh,integritasmedia.com -  Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dihari kedua lakukan puncak seleksi pemilihan Duta Budaya Minang kota Payakumbuh, Selasa (27/3), di hotel Bundo Kanduang kota Payakumbuh.
Selanjutnya sebanyak 30 peserta akan melalui beberapa seleksi untuk menentukan siapa Duta Budaya Payakumbuh terbaik.
Hadir dewan juri Saparman dan Veveri Yudi dari Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat dan sebagai dewan juri pendamping dari Disparpora kota Payakumbuh didampingi para Duta Budaya Provinsi Sumatera Barat 2017 dan Duta Budaya kota Payakumbuh terdahulu sebagai tamu.
Saparman, juri dari Disbud Provinsi Sumbar, mengatakan, adapun penilaian dalam seleksi duta budaya ini meliputi pengetahuan adat dan istiadat, kecakapan beragama, dan terakhir kemampuan bakat yang dimiliki oleh peserta pemilihan Duta Budaya Minang.
"Kita memberi pertanyaan tentang adat lalu diisi oleh peserta, dilanjutkan satu persatu peserta membaca al-qur'an, pertunjukan bakat yang dimiliki peserta, mencoba kefasihan berbahasa minang setiap peserta karena ini menyangkut budaya, lalu ada banyak lagi aspek yang kita perhatikan dalam seleksi duta budaya kali ini," ujar Saparman.
Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Dra. Efriza Zaharman, M.Si, mengatakan, untuk seleksi pemilihan duta budaya kali ini dilakukan dengan sangat ketat dan memang mengambil aspek penting tentang kebudayaan yang berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.
"Jadi kepada peserta yang menang dalam seleksi ini akan kita berikan pembekalan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi, lalu juga akan menjadi garda terdepan dalam mencitrakan budaya Payakumbuh kepada masyarakat luas," ujar Cece, panggilan akrab Kadisparpora.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama