payakumbuh

Payakumbuh Raih Penghargaan PPD Terbaik 2018

Lipsus Kota Payakumbuh

Payakumbuh,Integritasmedia.com - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Sumbar tahun 2018 membawa berkah bagi Payakumbuh . Dalam musyawarah yang digelar Bappeda Sumbar di Padang, Selasa siang (10/4), Payakumbuh dan memperoleh Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2018 dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.
Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Rida Ananda menyebut, penghargaan pembangunan daerah untuk Payakumbuh diserahkan Gubernur Irwan Prayitno kepada Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz. “Penghargaan ini semakin memotivasi kita di Payakumbuh untuk menyiapkan dokumen RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan. Sehingga bisa menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu,” kata Rida.

“Alhamdulillah, kita bersyukur. Berdasarkan penilaian pembangunan daerah tahun 2018 yang dilakukan tim penilai provinsi, Payakumbuh berada pada peringkat kedua di Sumbar. Kita unggul dari Padang dan Solok. Serta satu tingkat di bawah Sawahlunto,” kata Kepala Bappeda Payakumbuh, Rida Ananda kepada Media.


Disampaikannya juga bahwa Payakumbuh  memperoleh PPD dari Gubernur, karena dokumen RKPD yang dimiliki daerah  ini dinilai memiliki aspek perencanaan dan pencapaian terbaik. Bahkan, Payakumbuh dinyatakan berada pada peringkat kedua untuk kategori kota. 

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas yang menerina langsung penghargaan tersebut mengaku bersyukur, kerna Payakumbuh kembali dapat PPD daerah yang dulunya bernama Anugerah Pangripta Nusantara (APN) dari Pemprov Sumbar. Penghargaan ini, membuktikan Payakumbuh sukses melaksanakan mekanisme penyusunan dokumen perencanaan dan telah mencapai target perencanaan pembangunan daerah.

Erwin Yunas lebih lanjut menyampaikan bahwa penghargaan pembangunan daerah menjadi motivasi bagi seluruh stakholders, termasuk Bappeda, untuk menyiapkan dokumen perencanaan yang lebih baik lagi ke depannya. Sehingga terwujud perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu. Pemerintah Kota Payakumbuh kembali memperoleh prestasi membanggakan. Setelah gagal masuk tiga terbaik pada tahun 2017, kali ini Pemko Payakumbuh langsung menduduki peringkat terbaik kedua dalam penilaian dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Barat.

Kota Payakumbuh bersama Kota Sawahlunto berhasil menjadi pemuncak dan memperoleh Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik tahun ini, sementara Kota Padang yang tahun lalu menduduki peringakat pertama, tahun 2018 harus puas menduduki peringkat ketiga.

Sebagaimana diketahui, penilaian terhadap dokumen RKPD kota/kabupaten ini merupakan tahapan dari penghargaan PPD terbaik yang tahun sebelumnya bernama Anugerah Pangripta Nusantara yang digagas oleh Kementerian PPN/Bappenas.

“Penghargaan ini merupakan wujud dari apresiasi pemerintah pusat terkait kinerja pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang berprestasi dalam merencanakan pembangunan didaerahnya, nantinya terbaik satu akan dinominasikan ke tingkat pusat bersama pemerintah provinsi,” ujar Gubernur Sumatera Barat dalam sambutannya.

Wakil Walikota Payakumbuh mengakui dengan penghargaan PPD Terbaik yang diterima oleh Pemko Payakumbuh, dimana pada tahun sebelumnya Kota Payakumbuh masih tertinggal dari Kota lain di Sumbar.

”Penghargaan ini mengisyaratkan, bahwa Kota Payakumbuh dinilai tim provinsi telah mencapai target dan hasil pada perencanaan pembangunan. Ini merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas berbagai pihak yang terlibat dalam perencanaan pembangunan daerah,” ungkap Erwin Yunas.“Alhamdulillah, pencapaian ini merupakan wujud nyata dari kesungguhan aparatur Pemda Kota Payakumbuh. Semoga prestasi-prestasi lainnya juga hadir lebih banyak lagi dimasa yg akan datang,” ucap Wawako Erwin Yunaz.   (A) / Protokoler dan Dokumentasi Kota Payakumbuh.

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.