pesisir selatan

KAPOLRES PESISIR SELATAN GANDENG KAN TAPAN CIPTAKAN PILWANA DAMAI

Padang,Integritasmedia.com - Pertemuan yang di gagas oleh KERAPATAN ADAT NAGARI TAPAN (KAN)  dengan Polsek Tapan dalam menciptakan Pemilihan Pilwana /Pildes damai yang akan dilaksanakan serentak di Kabupaten Pesisir Selatan tanggal 3 mei 2018,pertemuan yang di selengarakan  di Mesjid Agung Tapan pasar 60 Sabtu 28/4/2018,turut hadir Kapolres Pesisir Selatan AKBP Fery Herlambang,Kapolsek Tapan AKP Supardi, Camat Rahul,Camat BAB Tapan,Ketua KAN Agusli,Ketua DPC ORMAS LAKI Kab.Pesisir Selatan M Mayadi Srm serta Alim Ulama,Cadiak Pandai,Penghulu dan Ninik Mamak yang ada di dua kecamatan .


Selaku  Ketua KAN Agusli menyampaikan tentang perkembangan setuasi dan kondisi yang terjadi terutama tentang pelaksanaan Pilwana/Pildes,di minta peran KAN atau penghuku suku serta ninik mamak agar selalu menjaga dan memberikan rasa aman agar tercipta pemilihan wali nagari yang  damai,serta masalah Narkoba,Judi,kenakalan remaja bisa di atasi, kedepannya  KAN Tapan  bisa menjalankan fungsi dan tugas yang di amanahkan bisa terlaksana dengan baik.

Kapolres AKBP Fery Herlambang kepada Media Integritas menyampaikan ada 4  pokok permasalahan yang terjadi terutama.1.Tentang Pemilihan Wali Nagari (PILDES) yang rentan terjadi permusuhan bahkan perkelahian ,karena hadirnya  isu sara,suku,golongan dan bahkan akhirnya merugikan kandidat yang maju.

2.Narkoba..semakin hari tentang Narkoba yang  isunya bukan semakin hilang tetapi semakin nyata,banyaknya jatuh korban akibat bahaya narkoba,terutama generasi muda kita di tingkat SD,SMP bahkan SMA dalam  pertemuan ini Kapokres sangat berharao  peran aktif KAN dan ninik mamak harus bisa melakukan pembinaan,pengawasan dan bekerja sama dengan  kepolisian untuk memberantas maraknya perederan Narkoba.

3.LALU LINTAS. Kepada masyarakat anaknya yang  belum cukup umur agar tidak memberikan motor untuk pergi kesekolah terutama tingkat SD dan SMP karena sangat rawan terjadi kecelakaan, Kapolres Fery Herlambang  berharap kepada KAN Tapan, Ninik Mamak  supaya bisa bekerja sama dengan kepolisian,agar bisa mendorong serta mengingatkan sanak kemanakannya agar selalu menjaga tata tertib berlalu lintas terutama pada anak sekolah yang tidak pakai helem,kenalpot reaciang ,balap balapan agar bisa di tertibkan.

4.Tentang Tanah,sumatra barat sangat beda dengan daerah lain di Indonesia tentang status kepemilikan tanah,hal ini telah di akui oleh pemerintah,karena ada namanya tanah adat,tanah pusako,maka sebaiknya status kepemilikan perlu di urus,salah satunya bikin sertifikat agar status kepemikikan menjadi kuat,jika ada nantik muncul permasalahan kami dari pihak kepolisian sangat mudah untuk menata dan menyelesaikan permasalahan yang di laporkan jelas nya. M Mayadi Srm.

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.