payakumbuh

WAKILI SUMBAR DITINGKAT NASIONAL, WALIKOTA RIZA FALEPI BERHARAP UP2K CEMERLANG RAIH PRESTASI TERBAIK

 PARIWARA PEMKO PAYAKUMBUH

Payakumbuh,Itegritasmedia.com - Keberadaan kegiatan PKK bersama program andalannya yang dikenal dengan 10 Program Pokok PKK itu begitu terasa manfaatnya di Payakumbuh. Bahkan, jalannya roda pemerintahan akan terasa sedikit timpang bila kegiatan PKK tidak aktif. Bagaimana tidak, keberadaan dinas dan instansi secara teknis tidak sampai menyentuh ke akar rumput secara keseluruhan.

Hal itu diungkapkan Walikota Riza Falepi dalam sambutannya pada acara penilaian lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Cemerlang Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat menjadi wakil Provinsi Sumatera Barat untuk tingkat Nasional, di halaman Kantor Lurah Koto Tangah, Kec. Payakumbuh Barat, Selasa (14/8)

Menurut Walikota ada beberapa hal dalam menjalankan pemerintahan ini membutuhkan sentuhan tangan dari PKK. Apalagi dengan keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang ada dalam pemerintahan tentu akan menutupi berbagai kekurangan tersebut

Walikota juga mengungkapkan bahwa selama ini antara pemerintah daerah dan PKK sudah menjalin koordinasi yang baik dalam menggerakkan ekonomi rakyat.


"PKK merupakan mitra kerja pemerintah dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat. Selama ini, Alhamdullillah kerjasama dan sinergitas antara PKK dengan pemerintah melalui perangkat daerah terkait sudah berjalan dengan baik, di antaranya melalui program ketahanan pangan dengan memberikan bantuan bibit, pelatihan pengolahan pupuk kompos serta program kawasan rumah pangan lestari. Semua itu bisa dilakukan oleh PKK," ujar Walikota.
 
Pada kesempatan tersebut, Wako Riza juga berikan apresiasi pada UP2K Cemerlang Koto Tangah yang berhasil masuk nominasi nasional dan berharap mampu menjadi yang terbaik di tahun ini

"Terimakasih kepada semua pihak terkait, yang telah mensukseskan kegiatan ini. Semoga UP2K Cemerlang Koto Tangah bisa menjadi yang terbaik di tingkat Nasional. Meskipun juara dua tidak kami dapatkan, juara satu sangat kami terima,” pungkas Riza, yang diamini seluruh hadirin.

 Sementara itu, Ketua TP-PKK kota Payakumbuh, Henny Yusnita menyampaikan bahwa UP2K-PKK merupakan salah satu pilihan dan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi keluarga.

 "Kegiatan UP2K-PKK telah dapat dirasakan oleh keluarga dan masyarakat di daerah, hal ini dibuktikan dengan hasil produksi rumah tangga yang dihasilkan telah mampu merubah dan meningkatkan ekonomi keluarga. Pada awalnya berjalan pelan, namun seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai sadar akan pentingnya program ini. Dan bisa dibuktikan dengan makin berkembangnya modal UP2K-PKK yang tersebar di 47 Kelurahan di Payakumbuh," ungkap Henny.

 Pada kesempatan tersebut, Henny juga mengungkap UP2K Cemerlang Kelurahan Koto Tangah sendiri terbilang mandiri dan sukses dalam menjalankan berbagai kegiatan usahanya.
 

"UP2K Cemerlang memiliki sejumlah usaha rumah tangga yang begitu berkembang, di antaranya makanan khas lokal seperti Rakik Kacang,  Kerupuk Lento dan Karabu Saga. Ada juga usaha produk bed cover/sprei dan gorden yang pemasarannya juga sampai ke provinsi tetangga," papar Ny. Henny.

Kesadaran masyarakat di Kelurahan Koto Tangah ini cukup tinggi dalam pemanfaatan pekarangan, rata-rata dapat memberikan income mencapai Rp.500 ribu per bulan. Hal ini dirasa cukup untuk menjadikan Kelurahan Koto Tangah untuk menjadi yang terbaik di tingkat Nasional.
 
Tim penilai pusat lomba UP2K tingkat Nasional ini dipimpin Sri Anak Agung dari TP PKK Pusat beranggotakan Hari Panji dari Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri. Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas DP3A & P2KB, Syahnadel Khairi, Camat Payakumbuh Barat, sejumlah pimpinan perangkat daerah, Lurah, LPM,  PKK serta Tokoh Masyarakat Kelurahan Koto Tangah.
 
Sebagaimana diketahui dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) tahun 2018, Payakumbuh menjadi wakil Sumatera Barat pada kategori  UP2K kemudian kategori Administrasi, diwakili kota Bukittinggi, kategori Hatinya PKK diusung kota Sawahlunto dan terakhir, Kota Pariaman diunggulkan pada kategori IVA Tes.(A/Protokoler Pemko Payakumbuh)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.