Tanah Datar

Lobang Menganga, Ancam Pengguna Jalan

Kondisi jalan Batusangkar - Ombilin dekat terminal Dobok 
Batusangkar, integritasmedia.com - MEMANG benar curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini, membuat banyak jalan berlobang di wilayah Tanah Datar.

Pastinya, lobang-lobang tersebut sangat mengancam keselamatan pemakai jalan raya, terutama pengendara sepeda motor. Tidak hanya lobang menganga, serpihan pasir dan genangan yang tidak kunjung kering masih terdapat di sejumlah ruas jalan di wilayah itu.

Seperti yang ada di ruas jalan Batusangkar - Ombilin, tidak beberapa jauh dari gerbang keluar terminal Dobok Piliang. Kalau lobang dijalan tersebut bukannya karena hujan beberapa waktu terakhir ini. Namun telah ada cukup lama di sana. Kini, lobang tersebut sudah cukup dalam dan lebar.

Tentunya kondisi jalan seperti ini sangat berbahaya bagi pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor. Karena, lobang jalan memiliki pola membentang di lajur jalan, sehingga kerap membuat pengendara sepeda motor terjungkal dan terjatuh.

Seperti yang diungkapkan oleh Amir (48) salah seorang pemilik warung yang tidak jauh dari lokasi. Dirinya menceritakan, sejak luasan lobang semakin panjang dan melebar, banyak pengendara sepeda motor yang terjatuh di sana. "Kalau kejadian orang jatuh terakhir ya pagi Selasa (28/1), saat itu sebanyak tiga orang pengendara sepeda motor bergantian jatuh pas masuk (terperosok-red) lobang," ungkapnya.

"Mungkin dana perbaikannya lagi dihitung. Sehingga jalan tersebut dibiarkan dulu menganga sembari menanti korban jiwa," timpal Herman salah seorang pemuda di sana.

Atau, 'mereka' lagi sibuk menyongsong pilkada serentak yang akan berlangsung tidak lama lagi, sehingga pembangunan menjadi yang nomor sekian untuk sementara waktu, tambahnya lagi.

Sementara itu Mira Susanti yang juga warga setempat mengatakan, sudah dari tahun ke tahun drainase di sana rusak dan tersumbat, sehingga air yang seharusnya mengalir di dalam banda malah meluap ke jalan. Apalagi di musim hujan seperti ini, air akan mengenanggi jalan tersebut. Inilah yang memperparah kerusakan jalan itu.

Jadi sebelum jalan diperbaiki, perbaiki dululah drainasenya, akhirnya. (ha)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.