agam

BPBD Agam Patut Diacugkan Jempol , Cepat Tangap Dalam BencanaTiba.

BPBD Agam  Cepat Tangap Dalam Bencana                                         
Agam, Integritas Media . com Patah tumbuh silih berganti'musibah selalu datang melanda   ditengah kesibukan penanganan antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Tim BPBD Agam Sumatera Barat  patut diacungkan jempol, mampu mengakses dan menyegerakan berbagai dampak bencana yang terjadi di Agam.

Demikian laporan pantauan tim awak media ini  yang dapat dirangkum dari laporan tertulis Pusdalops BPBD Agam, Jum’at (10/4/ 2020)

Selain piket di Posko Siaga Darurat Covid-19 di Posko induk di BPBD, anggota Satgasnya juga diutus bergabung piket bersama di posko lintas perbatasan Padang-  Pariaman dengan Agam di Gasan Ketek Nagari Tiku Selatan. Dengan sendirinya satgas dan pusdalops sudah terbagi habis.


Longsor di Nagari Malalak Barat
Saat berkegiatan di posko diterima lagi informasi dihari yang sama adanya longsor di Jorong Selatan Nagari Malalak Barat, yang menutupi akses jalan utama dengan ketinggian material longsor 4 meter dan panjang sekitar 6 meter lebih.

Pelaksanaan operasi lapangan dipimpin kabid kedaruratan dan logistik Syafrizal langsung memimpin ekspedisi ke Malalak Barat bersama Satgas dan membawa alat berat setelah berkoorsinasi dengan pihak PU kabupaten Agam.


Informasi berikutnya juga diterima di BPBD, ada penemuan mayat terapung dialiran Batang Aia Sungai Kasiang Jorong Pasa Bawan Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari.

Informasi yang diterima langsung diambil alih kasi medaruratan Ismar Budi Septa, langsung menuju tempat kejadian peritiwa bersama anggota Satgas dengan membawa peralatan perahu untuk evakuasi korban.

Saat kegiatan operasional kebencanaan sedang berlangsung, BPBD kembali mendapat laporan bahwa terjadi pohon tumbang di komplek Asrama Polres Agam yang menutupi bau jalan. Sehingga arus lalu lintas terganggu.

Kegiatan pohon tumbang di komplek asrama Polres Agam, langsung Kalaksa Mhd. Lutfi bersama satgas yang ada di posko langsung mengambil alih pengoperasian lapangan bersama Satgas yang ada di kantor BPBD.


Pohon Tumbang di komplek asrama Polres Agam
Upaya yang dilakukan oleh BPBD selaku koordinator kebencanaan selalu berkoordonasi kepada Camat dan wali nagari sebagai laporan awal dan mendata lebih awal dampak dari bencana yang terjadi.

Kalaksa BPBD Agam Mhd Lutfi juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah turut membantu kelancaran dari kebencanaan. Tugas mulia ini kita merjakan dengan penuh semangat. Kita berharap tim BPBD Agam bersama OPD terkait dan relawan lainnya dapat bekerjasama dan membantu penanggulangan bencana termasuk kelancaran pelaksanaan piket di posko Covid-19.

Adapun yang terlibat setiap kejadian bencana selain BPBD juga dibantu personil dari TNI Polri, Satpol PP Damkar Agam, PMI Agam, Senkom, dan instansi terkait dimasing-masing jenis kebencanaan di Agam.(MEI RIDWAN)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.