Bengkalis

Potensi Pertanian Muara Dua Bengkalis Menjanjikan, Semangka Berbuah di Lahan Gambut


BENGKALIS,Integritasmedia.com - Menumbuhkan semangka, jika dilakukan secara rasional dan berdasarkan skala yang dapat diukur, ternyata menjadi sumber pendapatan yang bagus. 


Inilah yang dilakukan petani, di Desa Muara Dua, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Hanya diatas lahan gambut seluas 1 hektare petani menanam semangka. 

Buah semangka merupakan buah yang memiliki rasa yang segar, manis dan memiliki kandungan air cukup tinggi. Hal inilah yang membuat semangka sangat di gemari oleh seluruh masyarakat dan dapat dibeli dengan mudah di pasar tradisional, kios buah bahkan supermarket. 

Menurut Ketua Kelompok Tani Raih Kemenangan Idris, buah semangka sangat menarik semua wirausaha dan agribisnis untuk mencoba  mengaplikasikannya di semua lahan yang dimiliki. 

"Kami para petani sudah menanam buah  semangka yang manis penuh air dan pelepas dahaga. Sekitar 7 ton sudah panen semangka yang kami tanam, " jelas Idris kepada wartawan, Rabu (2/9/2020). 

Dikatakan Idris, petani menanam semangka sejak bulan Juni 2020."Alhamdulillah sudah panen pak semangka kami, "jelasnya.

Sementara Kepala Desa Muara Dua, Eko Riyono, petani  mengolah tanahnya, harga semangka di pasaran kini mengalami penurunan.Apalagi jumlah petani semangka semakin banyak dan mereka panen berbarengan yang menjadi pemicu anjloknya harga semangka.

Dirinya mengaku, ini adalah panen pertama di tahun 2020,namun harga jualnya sudah tak bersahabat.

" Jalan menuju Desa Muara Dua membuat kita kesulitan menjual hasil pertanian kami. Padahal potensi pertanian bagus sekali, "jelas dia. 

Eko berharap, bantuan pemerintah untuk bisa membantu petani dalam akses jalan transportasi. ***

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.