padang

Irwan Basir : Kebersamaan Mampu Atasi Berbagai Persoalan Sosial

Irwan Basir, SH. MH. Dt. Rajo Alam









Padang,  integritasmedia.com - KETUA DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir, SH, MH, Dt. Rajo Alam, satu hari lalu menulis di laman facebooknya, bahwa dalam sistem kehidupan sosial  bermasyarakat, dimanapun di nusantara ini niscaya selalu ditemukan nilai-nilai luhur tentang kemanusiaan, baik itu tertulis, maupun yang sudah melembaga dalam bentuk kebiasaan yang secara turun-temurun dijalankan oleh masyarakat. 

Suasana dan warna kehidupan sosial bermasyarakat bangsa ini sejak dulunya sudah kental akan nilai-nilai kegotongroyongan dan semangat kebersamaan dalam menghadapi berbagai persoalan hidup dan kepentingan bersama, sesuai dengan sebuah pepatah “berat sama dipikul ringan sama dijinjing.”

Apalagi yang berhubungan dengan musibah atau bencana, tanpa dikomando secara sukarela mereka akan melibatkan diri dalam membantu. Nilai-nilai dan spirit kemanusiaan ini telah menyatu dan menjadi identitas dan karakter anak bangsa.

Karakter kepribadian manusia terbentuk oleh berbagai faktor pengalaman hidup yang dilalui, seperti pendidikan, kebiasaan dalam keluarga dan masyarakat, ajaran agama dan adat yang diterima.

Sementara itu, di dalam adat Minang banyak sekali ditemukan ajaran-ajaran kebaikan untuk kehidupan sosial masyarakat yang  tertuang dalam bentuk bidal-bidal adat dan selalu menjadi pesan dan kata-kata bertuah yang disebut dalam acara-acara adat yang berhubungan dengan masalah kemanusiaan, akhirnya dalam tulisan tersebut. (ha)o

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.