padang

Irwan Basir : Mari Lestarikan Budaya dan Bahasa Minang

Padang, integritasmedia.com - MEMULAI tulisannya di laman fecebooknya Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH. MM berpituah "Usang-usang Diperbarui, Lapuk-lapuk Dikajangin"

Selanjunya Ketua DPD LPM Kota Padang itu melalui tulisannya mengajak untuk meleatarikan Budaya dan Bahasa Minang yang mulai perlahan tergerus oleh kemajuan teknologi dan informasi.

Bahasa Minangkabau merupakan salah satu bentuk kekayaan budaya Minangkabau, dimana setiap nagari memiliki dialek yang berbeda-beda. Oleh karena itu. Jangan sampai kekayaan ini punah dengan berkembangnya teknologi.

Kekayaan ini harus dipertahankan, karena kebanggaan memakai bahasa Minangkabau juga merupakan salah satu bentuk kebanggaan akan identitas diri sebagai orang Minang, tulisnya mengingatkan.

Salah satu kekayaan dalam bahasa Minangkabau juga terdapat Kiasan-kiasan yang mengandung Pesan-pesan moral yang bisa diambil untuk kehidupan sehari-hari.

Selain kelestarian, kesantuan dalam berbahasa dimana dalam ajaran Minangkabau dikenal kato nan ampek yaitu kato mandata, mandaki, malereng, manurun, akhirnya dalam tulisannya tetsebit. (ha)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.