Kafilah MTQ Nasional XXVIII, Asal Tanah Datar Disambut Haru

Tanah Datar, integritasmedia.com -  MTQ Nasional XXVIII Sumatera Barat di Padang telah berakhir (20/11). Hasilnya sungguh luar biasa, Sumatera Barat untuk pertama kalinya meraih juara umum.

Raut kebahagian ini, juga dibawa duta-duta Tanah Datar saat pulang kembali dan disambut haru Gazebo Indo Jolito Batusangkar, Sabtu sore (21/1).

Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman menyampaikan selamat dan terima kasih atas perjuangan putra-putri terbaik Tanah Datar.

“Atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh kafilah beserta pelatih, pendamping serta  dukungan dan doa orang tua dan seluruh masyarakat Tanah Datar, yang telah mengharumkan nama Sumatera Barat di tingkat nasional. Ini tentunya buah pembinaan selama ini dan perjuangan panjang semua pihak. Kami bangga dengan ananda duta terbaik Tanah Datar,” sampai Erman Rahman.

Atas perjuangan ini, patut kiranya pemerintah daerah memberikan reward atas capaian ini. “Saya turut beri rekomendasikan untuk dianggarkan biaya umrah sebagai reward,” ungkapnya.

Erman juga berpesan, prestasi ini terus dipertahankan dan ditingkatkan. “Jangan berpuas diri, mari siapkan lebih baik lagi semenjak dini menghadapi MTQ ke-39 di Padang Panjang. Sebagai juara umum MTQ sebelumnya tentunya menjadi beban yang sangat berat karena mempertahankan lebih sulit dari merebut. Insya Allah dengan tekad dan kesungguhan, semoga bisa tercapai,” pesannya.

Sementara iru Wakil DPRD Anton Yondra turut mengapresiasi capaian kafilah asal Tanah Datar. “Atas nama DPRD dan masyarakat, kita bangga dengan perjuangan kafilah putra-putri asli Tanah Datar, tahun kemaren mencetak sejarah sebagai juara Umum tingkat Sumbar dan tahun ini turut mencatat sejarah membawa Sumbar pertama kali sebagai juara umum. Mumpung masih pembahasan anggaran 2021, patut kiranya anak-anak kita ini diberi reward umrah,” tuturnya.

“Terima kasih kepada Almarhum Bapak Irdinansyah Tarmizi dan Bapak Zuldafri Darma yang telah menjadikan pembangunan bidang agama, adat dan budaya sebagai prioritas, sesuai yang tertuang dalam visi dan misinya. Kita juga dukung kebijakan kafilah Tanah Datar harus putra putri asli Tanah Datar,” sambungnya.

Senada dengan itu Ketua LPTQ Tanah Datar Zuldafri Darma menyampaikan terima kasih atas capaian kafilah MTQ putra-putri Tanah Datar. “Hari ini kalian sudah menjadi pahlawan yang mengangkat marwah Tanah Datar dan Sumbar di mata nasional. Mudah-mudahan perjuangan ini diganjar pahala oleh Allah SWT dan menjadi motivasi bagi generasi berikutnya menyiapkan diri lebih baik lagi,” ucap Zuldafri.

Atas nama LPTQ, Zuldafri sampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan DPRD atas penyambutan kaflah sebagai bentuk penghargaan yang baru pulang dari medan perjuangan. “Mudah-mudahan ini menjadi motivasi agar bisa melompat lebih tinggi dan melangkah lebih jauh di bidang keagamaan demi Tanah Datar yang kita cintai,” pungkasnya.  

Sebelumnya Kabag Kesra H. Afrizon melaporkan kafilah Sumbar asal Tanah Datar sudah berjuang semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik. Kepada yang sudah berprestasi tidak boleh berpuas diri dan yang belum berprestasi tetap semangat dan semakin giat berlatih.

“Kafilah Sumbar menjadi juara umum setelah mampu mengumpulkan poin 79, unggul dari DKI dan Jawa Timur. Sumbar menjadi terbaik I di 9 cabang, terbaik II di 10 cabang dan terbaik III juga di 4 cabang, dan kafilah Tanah Datar berkontribusi besar, dari 9 utusan Tanah Datar, mampu menjadi terbaik I sebanyak 3 orang dan terbaik II sebanyak 2 orang,” ujar H. Afrizon.

Afrizon juga menyampaikan rincian kafilah utusan Tanah Datar mewakili Sumbar yakni peraih Juara 1,  Nila Hidayati asal Rambatan cabang Tafsir Bahasa Inggris Putri, Nofri Deswita, Asal Sungayang cabang Khattil Dekorasi Putri dan Rivi Pratama Putra asal Lintau Buo cabang Khattil Naskhi Putra.

Juara 2 dua orang yaitu, Fiki Sahira Farhah asal Lintau Buo Utara cabang Tartil Putri dan Syarah Adha asal Lintau Buo cabang MSQ Putri (Group).

Anggota kafilah lain yang tampil yakni Fathiyyah Arafah Afsya, asal Sungayang Cabang Hifzil 5 Juz dan Tilawah, Yahdiyani asal Batipuh Cabang Hifzhil 30 Juz, Albizar, S.Iq,  asal Pariangan, Cabang Qiraat Sab'ah Putra dan Kesya Putri asal Lintau Buo Utara, Cabang Tilawah Anak Anak Putri. 

Turut menyambut Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, mewakili Kepala Kemenag Tanah Datar H. Ali Nardius, Kabag Umum Suripto, Camat Sungayang Yatriwel, Camat Lintau Buo Agusril dan orang tua kerabat anggota kafilah. (ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama