Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

Jembatan Kuranji Akan Menjadi Bagian Jalan Lintas Timur Kota Padang

Rabu, 10 Februari 2021 | Februari 10, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-02-27T10:47:45Z

Padang, integritasmedia.com – SELASA (9/2) Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno meresmikan Jalan Penghubung dan Jembatan Kuranji di Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan menggunting pita sebagai tanda dibukanya bagi pengguna jalan. 

Dan pembangunan jembatan tersebut telah menghabiskan dana hingga Rp.50,3 miliar. Pengerjaan pembangunannya sendiri telah memakan waktu hampir sebelas tahun, sejak dimulai pembangunan pada tahun 2010 lalu.

Dalam sambutannya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, dirinya bersyukur dengan telah berfungsinya Jembatan Kuranji yang memiliki bentang panjang 160 meter dan Jalan Penghubung seluas 684 meter yang. 

"Pembangunannya diawali dengan melakukan proses pembebasan lahan pada tahun 2014, lalu pembangunan pilar jembatan, setelah itu sampai tahun 2020 masih dalam proses pembebasan lahan dan penggantian bangunan sebesar 11,2 miliar, dan jalan penghubung seluas 684 meter dengan biaya Rp39 miliar,” ujarnya menerangkan.

Ditambahkannya, total biaya pembebasan lahan dan pekerjaan fisik hampir sebesar Rp50,3 miliar. Untuk itu Ia berharap semua pihak melakukan pengawasan terhadap jembatan agar tidak ada yang mengambil pasir bisa yang mengakibatkan hancurnya jembatan.


“Karena Ninik mamak lah beserta tokoh masyarakat yang paling efektif mengawasi agar jembatan bisa terawat untuk kedepan serta dapat dipakai dan dilewati oleh masyarakat,” katanya.

Disisi lain Kepala Dinas PUPR Sumbar, Fathol Bari mengatakan, jembatan yang menghubungkan Kuranji dengan Pauh ini dapat mempercepat akses jalan, sekaligus untuk menghindari dan mengurai kemacetan seperti di ruas jalan Korong Gadang, Pasar Baru dan Durian Taruang serta sekaligus mengurangi kecelakaandan.

“Bukan hanya itu, jalan Kuranji ini nanti juga akan dijadikan sebagai jalan alternatif bagi masyarakat menuju kampus Unand di Kecamatan Pauh, terus bisa ke Indarung dan Solok,” katanya.

Kemudian dalam perencanaan, kedepannya Jembatan Kuranji ini akan menjadi bagian jalan lingkar timur Kota Padang. Jalur ini akan menggantikan jalan By Pass yang menjadi jalan lintas Lubuk Minturun, Belimbing, Jembatan Kuranji, Pasar Baru, Pasar Bandar Buat, Simpang Ulu Gaduik, terus juga bisa ke Bungus, urai Fathol mengakhiri. (ha)

Liputan Khusus

Bedah Kasus

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

×
Berita Terbaru Update