Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

1000/Tahun Tenaga Kerja Siap Pakai Kerja Keluar Negeri Salahsatu Prioritas PemKab. Limapuluhkota

Selasa, 16 Maret 2021 | Maret 16, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-16T09:53:16Z



Limapuluhkota, Integritasmedia.com - DinasPerindustrian dan Tenaga Kerja Limapuluhkota dalam rangka menyiapkan generasi muda yang siap berkompetensi saing dalam bursa tenaga kerja siap pakai, serta dalam rangka mengurangangi pengangguran. Maka Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Limapuluhkota menyiapkan tamatan SLTA (SMK,SMA,MAN) serta tamatan sederajat menyi
apkan pekerja-pekerja yang handal,khususnya SMK yang tupoksinya penyiapan generasi yang siap kerja sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki.


Sesuai juga dengan 100 hari kerja Bupati Limapuluhkota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dan Wakil Bupati Rizki Kurniawan yaitu salahsatunya menyiapkan tamatan SLTA yang siap pakai, ujar Kadis Afrizal


Program itu dalam rangka penyiapan tenaga kerja siap pakai, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja menyiapkan generasinya yang siap pakai sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Afrizal , S Sos, M.Si Kadis Peridustrian dan Tenaga Kerja Limapuluhkota menyebutkan bahwa Pemkab Limapuluhkota bekerjasama dengan Lpk Hightlob dan PT, Sari Madu Jaya Nusa. Program ini merupakan programnya 100 hari kerja Safari dalam rangka menyiapkan 1000 kerja / tahun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Luhak Limopuluah

Persiapan generasi muda atau tamatan siap kerja sesuai ahlinya untuk kerja keluar negeri terutama Jepang, mereka tersebut adalah Pahlawan visa dan pahlawan ekonomi karena  bisa meningkatkan PAD daerah dan meningkatkan taraf ekonominya.

Biasanya siswa yang mau kerja ke Jepang harus menyiapkan dana/biaya  keberangkatan ke Jepang berkisar 50-60 jt selama ini, dan sekarang berkisar 38 jt dan uang itu bukan distor kesemuanya, tetapi meteka yang ingin pelatihan dan kerja ke Jepang itu harus menyediakan dana awal 6 jt/siswa, dan sisanya dibayar secara cicilan setelah tenaga kerja itu bekerja diperusahaan Jepang tersebut.

Lebih jauh disampaikan bahwa gaji di Negara Jepang berkisar 16 jt gaji pokok sd 25 dan 35 jt, kontrak kerja 3 th dan jika kita menabung setelah biaya disana, akan ada tabungannya 600 jt untuk bisa dibawa ke Indonesia. Fasilitas akan disediakan oleh perusahaan tersebut diantaranya " apartemen, transportasi, makan 1x sehari disiapkan oleh perusahaan Jepang.

Disampaikan juga oleh Afrizal bahwa siswa yang dikirim ke Jogyakarta, siswa harus  mengikuti kegiatan dan Lulus N4  dan N5 di Jogya, jika tidak lulus dalam jangka 6 bulan tersebut, siswa tersebut  bisa melanjutkan pelatihan  sampai dengan 1 tahun sehingga siswa terampil.dan bisa dikirim.ke Jepang. Dan jika lulus para siswa tersebut akan mendapatkan sertifikat N5 dan N4.

Untuk pelatihan di Jogyakarta tersebut disefiakan 50 orang kuota untuk SMKN 1 Guguak, dan dia juga menganjurkan sypaya siswa untuk mendafta disekolah yang bersangkutan, dan meteka akan  dilakukan tes serta phisikotes untuk keberangkatan siswa yang ikut pelatihan ke Yogyakarta untuk bisa kerja ke Jepang.

Lebih lanjut disampaikannya juga bahwa tinggi wanita 150 cm dan laki-laki  160cm, serra tidak boleh bertindak dan bertatto.phisik harus kuat  karena daerah Jepang ada 4 musim, ujar Afrizal.

Kepala SMKN 1 Guguak Kecamatan  Guguak Anton sangat mendukung sekali program dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja serta Pemkab Limapuluhkota dibawah Bupati dan Wakil.Bupati terpilih periode 2021-2024 Safaruddin Dt. Bandaro Rajo - Rizki Kurniawan.
Apalagi program 1000orang/ tahun kerja di Luar Negeri menjadi prioritas Pemkab dalam rangka mengurangi pengamgguran.serta untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya, apalagi genetasi muda merupakan asset bangsa untuk pembamgunan, dan ini harus dilandasi skill tertentu untuk bisa berkompetisi dalam mencari kerjanya nantinya, ujar Antoni.(Antoncino)

Liputan Khusus

Bedah Kasus

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

×
Berita Terbaru Update