Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

Irwan Basir Dt. Rajo Alam Lantik Kepengurusan LPM Parak Laweh

Jumat, 09 April 2021 | April 09, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-10T01:58:28Z

Padang, integritasmedia.com - IRWAN Basir, Dt. Rajo Alam, SH, MM, Ketua DPD LPM Kota Padang Padang didampingi oleh Ketua LPM Kecamatan Lubuk Begalung Bob Zahirsyah, Mastias Sanjani, dan Camat Lubeg Wilman Mukhtar menghadiri pelantikan pengurus LPM Parak Laweh masa bakti periode 2021-2024 bertempat di Masjid Baitun Ni'mah, Kelurahan Parak Laweh, Palau Aia Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Jum'at (9/4/21).

Rangkaian acara pelantikan tersebut diawali dengan makan bajamba. Kepengurusan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat  (LPM) Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX I dipercayakan kepada Laily Alidar, BA sebagai ketua dan  Adrison wakil ketua, serta Dondi Hendradi sekretaris umum, Andellia Murni, Amd wakil sekretaris.

Sementara Bendahara Ibu Mayor. (Purn). Aslinda, Skm beserta pengurus dengan masa periode 2021 - 2024 oleh Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM disaksikan Camat Lubuk Bagalung Wilman Muchtar, S.Sos.

Dalam sambutannya Irwan Basir menekankan bahwa LPM ini merupakan pekerjaan sosial dan salah satu bentuk pengabdian serta rasa kepedulian kepada masyarakat. LPM itu juga bukan bawahan, namun merupakan mitra kerja yang bisa bekerja sama dengan eksekutif maupun legislatif.

Artinya, "barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang dan duduak surang basampik-sampik, duduak basamo balapang-lapang" (berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, duduk sendiri merasa sempit duduk bersama terasa lapang).

Oleh karena itu, pekerjaan sosial tanpa imbalan inilah pemahamannya yang perlu ditanamkan, tutur Irwan Basir yang juga Kepala Bidang Linjamsos Provinsi Sumatera Barat.

“Kita LPM ini tidak digaji bahkan tidak pernah dianggarkan pendanaan sedikitpun. Tapi, kepedulian sosial kita tidak bisa ditawar-tawar. Karena pengabdian, kesetiakawanan dan kepedulian itu rohnya,” tegas Datuk Irwan Basir sembari diapplaus oleh hadirin.

Lebih jauh Datuk Irwan Basir memaparkan tugas LPM mestinya dapat meringankan kinerja pemerintah. Disamping itu, bisa melakukan pemetaan embrio konflik. Hal terpenting ialah bisa menyelesaikan embrio konflik tersebut.

"Kita bersama bisa mendorong program pembangunan didaerah bahkan juga bisa mendesak percepatan suatu pembangunan diwilayahnya", tegasnya.

“LPM memberikan pencerahan, regenerasi pemikiran untuk melahirkan suatu ide yang sesuai dengan peruntukannya. Percayalah, jika itu terjaga dengan baik, maka tidak akan muncul embrio konflik ditengah-tengah masyarakat,” urai Datuk Irwan Basir.

Hendaknya LPM selalu bergandeng tangan dengan pemerintah, berbaur menjadi subjek dalam balutan kebinekaan dan kebersamaan dalam hal menyelesaikan segala kebutuhan masyarakat. Selain itu, memetakan dan memfasilitasi usulan masyarakat untuk disalurkan ke pemerintah, beber Irwan Basir yang juga Ketua Padang Fishing Club.

Terakhir, kepada jajaran Forkompimca gandenglah dan bawalah DPC LPM Kecamatan dengan baik agar bisa membantu program pemerintah demi kemajuan yang bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak, ujarnya.

Sementara itu, Camat Lubuk Bagalung Wilman Muchtar, S.Sos mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan LPM Kelurahan Parak Laweh Nan XX. Semoga kedepan kepengurusan ini akan lebih baik lagi kedepannya.

"Kita berharap antara LPM Kelurahan Parak Laweh dengan Pemerintahan Kelurahan Parak Laweh lebih menjaga kekompakan. Dan dapat bersinergi dalam membangun sumber daya yang ada dilingkungan kelurahan Parak Laweh ini," pungkas Wilman.

Selain dihadiri Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM, acara tersebut turut dihadiri Camat Lubuk Bagalung Wilman Muchtar, S.Sos didampingi Ketua PKK Kecamatan Ny. Vina Wilman, Ketua DPC Kecamatan, Lurah Parak Laweh Pulau Aia Nan XX Efrinaldi, SH, Bundo Kandung, Majelis Taklim, Tokoh Adat dan Tokoh Agama, RW dan RT, Karang Taruna, Pemuda - pemudi undangan lainnya.(ha)

Liputan Khusus

Bedah Kasus

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

×
Berita Terbaru Update