Irwan Basir : Jadikan Peristiwa G30S/PKI Sebagai Pelajaran untuk Generasi Penerus

Padang, integritasmedia.com - PERISTIWA G30S/PKI hendaknya dapat dijadikan sebagai pelajaran berharga untuk generasi penerus bangsa ini.

Hal ini disampaikan Irwan Basir, SH, MM, Dt. Rajo Alam dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Panca Sila yang jatuh pada 30 September setiap tahunya.

Sebab,dengan mengenal sejarah, kita bisa melihat peristiwa yang telah terjadi. Begitu juga dengan peristiwa G30S/PKI. Karena ini adalah salah satu sejarah kelam yang pernah terjadi di negeri ini, terangnya lagi.

Bahkan generasi saat ini dan selanjutnya, dapat mengetahui bahwa PKI ataupun organisasi yang mempunyai faham komunis tidak memiliki tempat di Indonesia. Untuk itu, anak muda sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh lupa dengan sejarah, termasuk peristiwa pemberontakan partai komunis Indonesia yang dikenal sebagai peristiwa G30S/PKI ini.

Ditambahkan Irwan Basir, cukup sekali peristiwa G30S/PKI terjadi. Karena peristiwa ini begitu pahitnya untuk dikenang, apalagi sampai terulang kembali.

Negara Indonesia yang berazaskan Pancasila dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang memiliki aneka budaya, suku, ras dan agama, memang tidaklah cocok menganut azas komunis tetsebut, tegasnya.

Kedepannya, generasi saat ini dan selajutnya hendaknya dapat menjadi generasi yang nasionalis dan dapat melihat suatu perbedaan baik itu agama, suku, ras dan budaya, imbau Irwan Basir.

Pancasila sebagai dasar negara, wajib dipertahankan untuk membangun Indonesia tercinta ini. Tanpa mengedepankan perbedaan, golongan, dan saling menyalahkan, akhir Irwan Basir.(ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama