Irwan Basir Dt. Rajo Alam, Hadiri Silaturahmi Warga Salak

Padang, integritasmedia.com - IRWAN Basir, SH, MM, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang, pada Jum'at malam (20/11) menghadiri acara silaturahmi RT/RW Jalan Salak, Belimbing. Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Acara yang diadakan di Jalan Salak Blok C, RT.04/RW.17 Belimbing itu dihadiri sebanyak 50 orang warga, untuk membicarakan permasalahan di seputar lingkungan RT tersebut. Termasuk penanganan Covid-19.

Dalam sambutannya, Irwan Basir menekankan bahwasanya RT/RW merupakan  pemerintahan terendah. Akan tetapi, RT/RW adalah sebagai forum dan ujung tombak pemerintahan.

"Forum itu tentu menyelesaikan permasalah-permasalahan yang berada di RT/RW masing-masing, baik secara legitimate permasyarakatan secara tugas dan fungi RT/RW itu sendiri. Sehingga apapun kejadian di tengah masyarakatnya, merekalah tempat bernaungnya," ujar Datuk IB lagi.

Dilanjutkannya, mereka para RT/RW dalam melaksanakan kegiatan rutin silaturahmi bulanan, artinya saling berkoordinasi dan menciptakan suatu persamaan dan solidaritas kesetiaan kawan antar sesama.

"Oleh sebab itu, dengan silaturahmi permasalahan masyarakat bisa menjadi lebih kecil dan peran RT/RW akan lebih besar jadinya, tetapi bukan untuk kepentingan pribadi, harap Ketua DPD LPM Kota Padang itu.

"Karena akar permasalahannya banyak terletak di bawah, karenanya RT/RW sebagai terendah dengan mengiatkan forum silaturahmi ini tentu akan memudahkan pemerintah tingkat Kelurahan untuk membuat skala prioritas dari pada aspek-aspek yang dikehendaki sesuai dengan program yang dikehendakiasyarakat," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, Irwan Basir apresiasi atas pertemuan RT/RW ini dalam menjalin hubungan tali silaturahmi dengan baik, sehingga jika ini terus digiatkan, maka keutuhan berbangsa akan terjaga dengan baik.

Sementara itu, Ketua RT.04 Zulkifli mengatakan, dalam silaturahmi bulanan ini, kebetulan juga dihadiri Bapak Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM yang juga adalah Ketua DPD LPM Kota Padang akan berdampak baik untuk masyarakat dan daerah Kelurahan Kuranji kedepannya.(ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama