Pembangunan Di Kawasan Padang Kaduduak Semakin Dirasakan Warga


Payakumbuh, Integritasmedia.com  --- Sejak dibuka pada akhir Desember 2020 lalu, lapangan olahraga terbuka Payakumbuh Bugar di Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate memberikan dampak yang cukup signifikan tak hanya kepada animo masyarakat dalam berolahraga. Sarana yang dibangun atas inisiasi Wali Kota Riza Falepi itu juga memberikan dampak kepada peningkatan ekonomi bagi warga setempat.

Diakui oleh Nengsih (46 tahun), warga Tigo Koto Diate yang bercerita perjalanan memulai usaha kedai minuman dan sarapan pagi sejak Kawasan Padang Kaduduak itu masih sunyi, belum menjadi tempat yang dikunjungi orang-orang. Mereka termasuk satu dari banyak warga lokal yang terimbas positif dari eksistensi Payakumbuh Bugar.

"Kami bersyukur sekali rasanya, biasanya dulu sehari pendapatan dari kedai ii paling tinggi itu 150 ribu rupiah perhari, kini sudah bisa lah berpenghasilan hingga 500 ribu rupiah. Dulu pas-pasan saja untuk kebutuhan sehari-hari, tapi sekarang Alhamdulillah sudah ada lah yang bisa disisihkan untuk tabungan bekal sekolah 2 orang anak kami," ungkapnya saat diwawancara media, Selasa (23/2).

Lain lagi dengan Ul (48), orang tua dari Suci (28), pedagang lain di Payakumbuh Bugar, mereka yang kebetulan ditemui media di lokasi berdagang mengaku dulu anak mereka sempat berusaha kedai nasi sebelum adanya Payakumbuh Bugar di lokasi itu, tapi sekarang beralih menjadi pedagang jajanan gorengan dan bakar-bakaran. 

"Dulu pas di awal sejak dibuka sempat berpenghasilan 1 juta perhari, tapi karena sekarang sudah ramai yang jualan, perlahan menurun, namanya juga persaingan usaha, rencana nanti kami akan coba menjual produk khas makanan olahan dari Jamur," ujar Ibu Suci, Ul (48 tahun).

Menurut Lurah Tigo Koto Diate Musleniyetti, masyarakatnya memang mendapatkan dampak dengan kehadiran Payakumbuh Bugar. Terbukti dengan pedagang yang semakin hari semakin bertambah dan anak-anak muda yang memiliki tempat untuk mengisi aktifitas keseharian mereka.

"Bagi warga setempat, persaingan jual beli tentu tidak dapat dihindarkan, tapi setidaknya ada kesempatan yang bisa mereka manfaatkan dengan kehadiran Payakumbuh Bugar sebagai pusat perekonomian baru yang terintegrasi dengan gedung perkantoran OPD dan pasar Padang Kaduduak," ujar lurah.

Lurah menambahkan, selain bisa berolahraga dan berbelanja, bagi anak muda setempat juga ada wadah beraktivitas positif, bisa mengembangkan ide mereka berkreasi musik, dan mengembangkan kreativitas mereka.

"Namun yang membuat kita ikut bersemangat adalah antusias dari warga menyongsong pembangunan disini sangat luar biasa, kedepan kita akan bersinergi dengan OPD terkait tentang apa saja pengembangan yang bisa dilakukan di Kawasan Padang Kaduduak ini," ungkap Lurah

Sementara itu, Wali Kota Riza Falepi saat dihubungi media menyampaikan di Kawasan Padang Kaduduak nantinya akan ditambah lapangan bulu tangkis dan takraw, lalu juga akan ditambah gedung perkantoran baru, dan terakhir Kampus UNP.

"Untuk pedagang nanti akan diatur sedemikian rupa, sehingga semuanya bisa tertata dengan rapi," pungkasnya.( A )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama