Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

Jajaki Peluang Pelatihan, Disnakerin Padang Kunjungi Badan Diklat Industri

Jumat, 21 Mei 2021 | Mei 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-05-22T03:53:10Z

Padang, integritasmedia.com - JAJAKI peluang kesempatan untuk pelatihan bagi masyarakat, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Nakerin) Kota Padang, Suardi, SH, M.Hum, Jum'at (21/5/21) kunjungi Badan Diklat Industri (BDI) Kota Padang. 

Dalam kunjungannya tersebut, Kadis Nakerin didampingi Kepala Bidang Industri M. Latif, S.Sos, Kepala Bidang Pentalattas Widia Apriyanti, S.STP, MM, Kepala Bidang Hubungan Industrial Yoserizal, SE, beserta Kasi dan Fungsional Umum Disnakerin.

Kedatangan rombongan Disnakerin diterima langsung Kepala BDI Padang Surya Agusman, SE, MM dan unsur pimpinan BDI lainnya.

Kepada Kadis Nakerin, Surya menjelaskan, di BDI Padang ada 9 pelatihan yang bisa diikuti oleh masyarakat, diantaranya pembuatan tenun datar dengan alat tenun, serta pembuatan hiasan busana dengan alat jahit tangan dan batik tulis.

Dijelaskan Surya sejak pandemi Covid-19 melanda, terjadi pengurangan anggaran di BDI, hal itu dikarena pemerintah fokus pada pembiayaan penangan Covid-19.

Dan untuk tahun 2021 BDI telah menganggarkan pelatihan bagi 7500 peserta, 4000 diantaranya telah diberikan pelatihan, akibat refocusing, lebih dari 2000 orang peserta batal dilatih atau dipending tahun ini akibat terbatasnya anggaran. 

Lebih lanjut Surya mengatakan, selain dilatih peserta juga diuji untuk mengetahui tingkat kemampuan

peserta itu sendiri, setelah itu peserta akan ditempatkan pada kelompok usaha apa yang mereka tuju. Peserta tidak saja dari kota/ kabupaten di Propinsi Sumbar tapi juga dari Propinsi tetangga, tambahnya.

Sementara itu Suryadi mengatakan, melihat peluang pelatihan yang tersedia tersebut, diharapkan BDI untuk dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat Kota Padang. Hal ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan serta pengurangan angka pengangguran di Kota Padang.

Menanggapi hal tersebut Surya menjawab, peluang tersebut terbuka selebar-lebarnya, baik untuk masyarakat Kota Padang, Sumbar maupun propinsi tetangga, tentu saja dengan mengikuti ketentuan dan syarat yang ditetapkan BDI selaku perpanjangan tangan Kementrian Industri Republik Indonesia, satu diantaranya adalah dengan menyiapkan data peserta yang akurat. 

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Disnakerin berkesempatan melihat tempat pelatihan dan lokasi produksi hasil pelatihan, dimana diruangan tersebut rombongan dapat melihat langsung kumpulan hasil karya peserta.(ha)

Liputan Khusus

Bedah Kasus

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

×
Berita Terbaru Update