Festival Pesona Adat Nagari Pangian, Momentun Bangkitnya Pariwisata Tanah Datar

"Melalui iven ini diharapkan akan memacu aktifnya sanggar-sanggar kesenian, tumbuhnya usaha mikro nagari dan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Nagari Pangian dan Tanah Datar".


Tanah Datar, integritasmedia.com - PERGELARAN Festival Pesona Adat Nagari Pangian 2021 diharapkan menjadi momentum bangkitnya Pariwisata Tanah Datar dan perekonomian masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.


“Melalui Festival ini, kita gali, lestarikan dan promosikan berbagai potensi Nagari Pangian yang cukup banyak,” kata Wakil Bupati Richi Aprian saat membuka secara resmi festival, Kamis (11/11/21) di Ngalau Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo.

Richi menambahkan, kegiatan festival seperti yang dilaksanakan ini sejalan dengan salah satu Program Unggulan (Progul) Pemkab Tanah Datar.


“Festival ini sejalan dengan Progul Satu Nagari Satu Even yang bertujuan menunjang ekonomi kreatif, pelestarian kebudayaan dan memajukan produk nagari,” katanya.


Dikatakan Wabup, melalui pelaksanaan iven ini diharapkan akan memacu aktifnya sanggar-sanggar kesenian, tumbuh usaha mikro nagari dan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Nagari Pangian.


“Sektor pariwisata dinilai mampu memberikan dampak multiplier effect, dimana sektor ini turut memajukan sektor lain seperti pertanian, industri kecil, perdagangan, transportasi, kuliner, jasa dan lainnya,” ungkap Richi.


Terakhir Wabup Richi Aprian menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak terkait atas terlaksana festival ini.

"Terima kasih kepada Bapak Jefri Masrul yang telah menggagas dan mendukung pendanaan, serta panitia yang berinovasi melaksanakan kegiatan secara virtual dan memanfaatkan media sosial, seperti Youtube, instagram, zoom dan lainnya,” tukasnya.


Sementara itu Anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul menyampaikan, dukungannya terhadap Festival Adat Nagari Pangian sebagai bukti nyata dukungan terhadap kampung halaman.


“Ngalau Pangian merupakan salah satu potensi yang bisa menjadi destinasi wisata andalan, tidak hanya bagi Pangian, tapi juga Tanah Datar, yang nantinya juga bisa berdampak untuk perbaikan ekonomi masyarakat,” ujarnya.


Untuk tahun 2022, tambah Jefri, ia telah menganggarkan melalui dana Pokok Pikiran (Pokir) sebesar Rp150 Juta untuk membangun fasilitas toilet di Ngalau Pangian.


“Semoga dengan dibangun sarana pendukung ke depan, wisatawan berkunjung akan merasa nyaman dan terus berkunjung untuk menikmati keindahan alam di sini,” ujarnya.


Sementara itu, informasi yang didapatkan dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat melalui Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Hendri Agung Idrianto mengatakan, pergelaran Festival Pesona Adat Nagari Ngalau Pangian merupakan potensi wisata yang sangat bagus untuk di kembangkan.

"Kita sampaikan apresiasi terhadap pergelaran festival ini, meskipun dilaksanakan secara Hybrid, tapi saya yakin potensi Ngalau Pangian akan semakin terkenal di masa datang, namun tentunya harus mempunyai kalender iven, agar wisatawan mempunyai jadwal pasti untuk berkunjung,” tukasnya.(Prok/ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama