Irwan Basir : Pemerintah Masih Butuh Peran Karang Taruna

"Kepedulian Karang Taruna untuk membantu pemerintah dalam menangani bencana merupakan tanggung jawab sosial sebagai asset bangsa dan kader pemuda".


Padang, integritasmedia.com - KABID Limjamsos Dinas Sosial Provinsi Sumbar Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH. MM menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pengurus Karang Taruna se-Sumatera Barat, Sabtu (6/11/21) di Basko Hotel.


Kegiatan Bimtek bagi pengurus Karang Taruna ini dilaksanakan oleh Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 74 orang peserta,  dan berlangsung selama tiga hari  (tanggal 5 - 7 November 2021).


Dikatakan Irwan Basir, peran Karang Taruna bukan hanya di bidang sosial kepemudaan, tapi juga dalam menangani segala permasalahan sosial masyarakat dan bencana di daerahnya. Disamping itu Karang Taruna juga berperan meningkatkan potensi penguatan lokal di daerahnya.

Sebagaimana diketahui, permasalahan sosial dalam masyarakat itu bermacam-macam, ada masalah kemiskinan, bencana serta masalah-masalah sosial lainnya, urai Irwan Basir.


Bencana misalnya, ini adalah salah satu permasalahan sosial yang sering terjadi di daerah kita, apalagi Sumatera Barat termasuk salah satu daerah dengan kategori rawan bencana.


"Dan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi adalah tanggung jawab kita bersama. Salah satunya adalah Karang Taruna", papar Irwan Basir.


Lebih lanjut Irwan Basir menerangkan, setiap permasalahan sosial yang ada di masing-masing daerah itu berbeda-beda, termasuk permasalahan bencana. Semua tergantung kondisi daerah masing-masing.


Kepedulian Karang Taruna untuk membantu pemerintah dalam menangani bencana merupakan tanggung jawab sosial sebagai asset bangsa dan kader pemuda.

Untuk itu, diharapkan Karang Taruna bisa memetakan apa-apa saja bentuk permasalahan sosial dan bencana yang sering terjadi di daerahnya agar dapat dicarikan solusinya, pungkasnya.(Dp/ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama