Suhatri Bur : Sinergitas Kampung dan Rantau Wujudkan Padang Pariaman Berjaya

Jakarta, integritasmedia.com - DALAM rangka mewujudkan Padang Pariaman Berjaya, Persatuan Anggota Kampung Aliansi Rantau (PAKAR) memiliki beberapa program strategis. Diantaranya, peningkatan hasil swasembada pangan, pengembangan pariwisata, pemasaran industri kerajinan dan makanan siap saji yang merupakan produk Usaha Menengah dan Kecil Mikro (UMKM) yang ada di seluruh Nagari se-Kabupaten Padang Pariaman. 


Salah satu upaya yang dilakukan, yakni dengan mengadakan acara PAKAR Baralek Gadang yang berlangsung selama dua hari (Selasa dan Rabu, 7-8 Desember 2021) di Jakarta.


Acara yang juga menggelar UMKM expo dan pagelaran seni dan budaya Padang Pariaman itu, diresmikan oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, pada Selasa (7/12/21) bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Komunikasi Kaderisasi Generasi Demokrasi (FKKGD).


Turut hadir dalam acara tersebut, Deputi Kementerian Pariwisata Didien Junaidi yang juga Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Staf Khusus Wakil Presiden Guntur Subroto, Penasehat FKKGD Andi Mallarangeng, Wakil Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi B Sukamdani yang juga Chairman Grand Sahid Jaya, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Nunung Rusmiati, Ketua PAKAR H. Mahyuddin, Ketua ASITA Sumbar Darmawi, Pengurus IKM dan PKDP, Ketua Umum FKKGD Fready Jaya,


Dari Padang Pariaman, terlihat hadir Wakil Bupati Drs. Rahmang, MM. Ketua Dekranasda Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, Ketua GOW Yusneli Rahmang, Wakil Ketua DPRD Padang Pariaman,  Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Padang Pariaman beserta Camat dan Wali Nagari.


Dalam sambutannya saat meresmikan kegiatan Pakar Baralek Gadang, Bupati Suhatri Bur mengucapkan selamat kepada pengurus FKKGD yang baru dilantik dan akan melakukan Rapat Kerja Nasional. Semoga apa yang telah dirumuskan nantinya, akan menjadi program strategis dan dapat diimplementasikan di tengah masyarakat.


Ucapan terima kasih, juga disampaikan Bupati kepada Pengurus PAKAR Padang Pariaman, yang telah memfasilitasi dan mendukung program peningkatan perekonomian di Nagari dengan mengedepankan fungsi dan peran pelaku UMKM di Kabupaten Padang Pariaman. Dengan sinergitas antara kampung dan rantau, Padang Pariaman Berjaya segera terwujud.


"Kita berharap, melalui kegiatan PAKAR Baralek Gadang pada hari ini, akan dapat membentuk pelaku UMKM yang handal, dan membantu peningkatan kemampuan wira usaha masyarakat di Nagari. Begitu juga dalam memasarkan dan mempromosikan produk industri kerajinan anak nagari. Sehingga akan meningkatkan perekonomian Nagari dalam mewujudkan visi dan misi Padang Pariaman Berjaya “Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera, dan Berbudaya,” ujar Suhatri Bur.


Selain itu, Bupati Suhatri Bur juga meminta kepada pengurus PAKAR dan semua dunsanak di perantauan. Untuk membantu mensukseskan program vaksinasi di Kabupaten Padang Pariaman. Karena sampai saat ini daerah kita masih di posisi paling bawah dari seluruh kabupaten dan kota di provinsi Sumatera Barat. 

"Untuk itu, kami sangat mengharapkan bantuan dari dunsanak di perantauan, untuk mengajak keluarga di kampung agar ikut vaksin bagi yang belum. Tolong disampaikan bahwa vaksin itu tidak berbahaya, sehat dan halal, karena sudah dijamin oleh BPOM dan MUI. Semoga dengan kerjasama antara kampung dan rantau, menjelang akhir tahun ini target vaksinasi bisa mencapai 80 %. Sehingga kabupaten Padang Pariaman kembali ke level satu dan masyarakat bisa beraktivitas lagi seperti biasa", tutupnya.


Sebelumnya, Ketua Umum PAKAR Mahyuddin menyampaikan laporan. Bahwa tujuan dari kegiatan PAKAR Baralek Gadang ini, adalah memperkenalkan hasil industri kerajinan dan produk makanan dari Kabupaten Padang Pariaman ke berbagai pelosok di pulau Jawa. Dengan kerja sama atau aliansi rantau dan kampung, akan terbuka jalur pemasaran dan distribusi hasil pertanian dan industri kecil karya anak Nagari. 


"Kita berharap, semoga dengan berkumpulnya para pejabat, pengusaha dan pedagang dalam acara PAKAR Baralek Gadang ini, bisa terjalin komunikasi bisnis dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kampung dan di perantauan", ujar Mahyuddin yang akrab disapa H. Enek itu.


Dikatakannya, pada acara puncak Rabu (8/12/21) malam di tempat yang sama. Akan digelar makan bajamba dan lelang kue singgang ayam, serta malam amal yang Insyaallah akan dihadiri Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi. Pada sesi acara Bahoyak dan Bagadincak akan dimeriahkan oleh artis-artis Amris Arifin, Yona Irma Alkawi dan Sanggar Sikabu Saiyo.(Prokopim/ha)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama