Inovasi UPTD Samsat Limapuluhkota Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Spanduk/Baliho Bahasa Daerah Untuk Tingkatkan  PAD



Limapuluhkota,  Integritasmedia. Com-

Untuk Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat, serta untuk meningkatkan PAD Kabupaten Limapuluhkota serta dalam memudahkan masyarakat dalam membayar kendaraan bermotor, samsat Nagari dan Samkel ( Samsat Keliling  ) serta E-Signal sangat membantu dalam pembayaran pajak  kendaraannya.


Kepala UPTD Samsat Limapuluhkota Febby, SH mengatakan bahwa bahwa dalam peningkatan PAD Kabupaten Limapuluhkota UPTD Samsat Limapuluhkota dalam beberapa tahun ini telah membuka layanan samsat nagari serta Samsat Keliling dibeberapa titik strategis untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor, dan sekarang masyrakat juga memakai aplilasi E-Signal dalam membayar pajaknya. 




Adapun samsat nagari tetsebut terdapat di daerah Limbanang yang dimulai pada hari Senen s/d dengan Kamis pada jam kerja.Alhamdulillah dengan adanya samsat nagari tersebut memudahkan masyarakat untuk mrmbayar serta untuk meningkatkan animo masyarakat untuk bayar pajak dalam peningkatan PAD Kabupaten.Lapuluhkora, ujar Febby. .

Febby  juga mengatakan bahwa jemput bola ke tengah masyarakat melalui samsat keliling dan Samsat Nagari serta E-Signal 

“Upaya ini diharapkan dapat mempermudah wajib pajak yang ada di kecamatan untuk melakukanuntuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya tanpa harus pergi ke Pusat Kota Kabupaten yang berada di daerah Sarilamak Kecamatan Harau” 


Dijelaskan Febby, Kabupaten Limapuluhkota memiliki rentang kendala tersendiri dalam hal pembayaran pajak kendaraan. Salah satunya terkondisi akibat wilayah Limapuluhkota yang begitu luas, dengan sebaran penduduk hingga ke pelosok- pelosok daerah.

Kendala di masyarakat selama ini terutama yang berada di Kecamatan Kapur IX, Pangkalan, Gunuang Omeh, Bukit Barisan, ,Kecamatan Akabiluru dan lareh Sago Halaban. Warga di beberapa kecamatan ini cukup berjuang untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan ke Sarilamak.

” Selain masalah biaya dan transportasi, juga persoalan waktu. Karena untuk ke IKK (Ibu Kota Kabupaten )dari beberapa kecamatan jauh tersebut, biasanya akan menghabiskan waktu hingga satu hari penuh,” kata Febby.

Untuk itulah, demi menciptakan pendekatan pelayanan, kami melaksanakan sistem jemput bola ke sejumlah kecamatan dan Nagari jauh, dengan jadwal yang sudah ditetapkan,” lanjut Febby.

Oleh itulah  dilaksanakan pelayanan Samsat Nagari di Kantor Wali Nagari daerah yang jauh tersebut.

Disebutkannya bahwa “Kendati samsat keliling ini bukanlah program baru lagi, namun dari waktu ke waktu akan terus kita lakukan penyempurnaan, serta diupayakan menambah jumlah titik pelayanan yang ada di kecamatan,” tukas Febby.

Menurutnya melalui layanan Samsat Nagari dan Samsat Keliling ini masyarakat dapat mengakses pembayaran pajak kendaraan seri plat nomor seluruh Sumbar.

Mulai dari pembayaran pajak kendaraan plat hitam, plat kuning, plat merah dan data kendaraan terpusat.

Selain itu juga pengembangan fitur layanan dan konsistensi laporan yang semuanya akan bermuara kepada  pencapaian target pendapatan daerah Sumbar akan lebih baik.

 "Intinya pembenahan layanan ini diharapkan untuk memudahkan wajib pajak serta masyarakat untuk mengakses pelayanan pembayaran pajak kendaraan," ujarnya.

Kami harapkan, masyarakat memanfaatkan kesempatan ini untuk membayar pajak kendaraan bermotornya,” pungkasnya.

 Anda kini tak perlu mengantri lama untuk mengurus pajak kendaraan ataupun terlambat membayar, lantaran saat ini pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan secara online.

Salah satunya, adalah melalui aplikasi Samsat Digital Nasional atau SIGNAL yang bisa Anda unduh di App Store atau Google Play.

Persyaratan pembayaran pajak tahunan di Mobil Samkel ini sangat mudah, ia menyebutkan, cukup membawa STNK dan notes Pajak asli serta fotocopy KTP.

“Jika berkas lengkap, maka petugas kita akan memanggil dan menyerahkan lembar pajak yang harus dibayar,” sebutnya.

Pengambilan STNK yang sudah disahkan oleh pihak kepolisian, sebagai tanda selesainya bayar pajak kendaraan bermotor dan STNK diterima.

Dengan adanya pelayanan yang baik serta sistem administrasi prosedur pelayanan yang tidak rumit.

Ia mengharapkan, program Samkel ini akan terus berkembang dan menjadi lebih baik di masa mendatang.

“Adanya layanan Samkel, agar mendekatkan diri kepada pemilik kendaraan atau Wajib Pajak yang jauh dari pusat pelayanan Samsat. Guna mempermudah masyarakat agar taat hukum dan membayar kewajibannya membayar pajak kendaraan,” jelasny

Dan disampaikan juga oleh Febby bahwa Samsat Nagari juga salah satu implementasi dari arahan Bapak Presiden RI untuk menghadirkan negara ditengah masyarakat dalam bentuk mendekatkan pelayanan publik kepada wajib pajak pemilik kendaraan bermotor. Pembukaan titik pelayanan baru tersebut dilakukan pada lokasi-lokasi pusat konsentrasi masyarakat pada tingkat pemerintahan yang lebih rendah (desa/nagari/kecamatan)

Tujuan : Lebih mendekatkan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor kepada wajib pajak sehingga masyarakat lebih mudah dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak kendaraan

Sasaran : Peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan pendapatan asli daera, ujar Febby. 

Darwis salah seorang tokoh masyarakat Nagari Maek ketika dikonfirmasi media dikantornya mengatakan bahwa Nagarinya merupakan salah satu tempat bagi masyarakat untuk membayar pajak kendaraannnya.Apalagi Nagari Maek  tempatnya sangat stategis karena daerahnya merupakan jalur lalulintas dua kecamatan, yaitu Kecamatan Gunuang Omeh  dan Kecamatan Bukit Barisan, dimana jarak tempuh dari kedua Kecamatan tersebut lebih kurang 50  km ke Nagari Sarilamak. Jika masyarakat membayar kekantor pusat didaerah Ketinggian Kecamatan Harau berjarak lebih kurang 50 km dari dua Kecamatan tersebut. Alhamdulillah dengan telah adanya samsat Nagari diwilayahnya, masyarakat bersyukur karena tak perlu lagi mengurus pajaknya kekantor pusat karena jarak tempuh dan bisa menghemat waktu.ujarnya.

Dikatakan juga Oleh Febby  bahwa UPTD Samsat Kabupaten Limapuluhkota dalam rangka mensosiasilisasikan tentang pentingnya masyrakat untuk membayat Pajak kendaraan bermotor. Pihaknya juga memasang spanduk / baliho dengan Bahama Farrah tertentu,  Dimana settiap daerah Di Kabupaten Lmapuluhkota mempunyai kosakata Serta logat yang Berbeda tiap daerah,  namun maksudnya sama.

Supaya masyarakat menpunyai kesadaran lebih,  oleh sebab itu Samsat Limapuluhkota membuat spanduk dengan Bahama daerah setempat,  ungkap Febby.


Darwis salah seorang tokoh masyarakat Nagari Maek ketika dikonfirmasi media dikantornya mengatakan bahwa Nagarinya merupakan salah satu tempat bagi masyarakat untuk membayar pajak kendaraannnya.Apalagi Nagari Maek  tempatnya sangat stategis karena daerahnya merupakan jalur lalulintas dua kecamatan, yaitu Kecamatan Gunuang Omeh  dan Kecamatan Bukit Barisan, dimana jarak tempuh dari kedua Kecamatan tersebut lebih kurang 50  km ke Nagari Sarilamak. Jika masyarakat membayar kekantor pusat didaerah Ketinggian Kecamatan Harau berjarak lebih kurang 50 km dari dua Kecamatan tersebut. Alhamdulillah dengan telah adanya samsat Nagari diwilayahnya, masyarakat bersyukur karena tak perlu lagi mengurus pajaknya kekantor pusat karena jarak tempuh dan bisa menghemat waktu.ujarnya.

Ihsan salah seorang masyarakat yang kebetulan sedang membayar pajak.ketika dikonfirmasi media, mengucapkan terimakasih kepada Pemda, khudusnya UPTD Samsat Limapuluhkota dengan telah adanya Damsat Nagari didaerahnya. Sebab waktu dan jarak tempuh dari Nagarinya kedaerah pusat UPTD Samsat di daerah ketinggian sangat jauh, tapi setelah adanya Samsat Keliling  didaerah Maek  dia selaku masyarakat yang ingin bayar pajak kendaraan sangat terbantu sekali, apalagi dalam jangka waktu 15 menit urusam surat menyurat dan pembayaran pajak selesai, ujar Ihsan dengan senang hati.(Antoncino) 




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama