FKIP UMSB Luncurkan Buku Antologi Puisi

“Pluncuran buku ini merupakan sebagai healing moment bagi civitas akademika di tengah-tengah kepungan teknologi dan arus globalisasi”.


Padang Panjang, integritasmedia.com - PROGRAM Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) menggelar peluncuran buku antologi puisi yang berisikan 67 puisi karya 13 mahasiswa dan dosen prodi itu di Aula Kampus II FKIP UMSB, Selasa (5/7/22).


Dekan FKIP, Dr. Gusmaizal Syandri, M.Pd mengatakan, peluncuran buku ini merupakan sebagai healing moment bagi civitas akademika di tengah-tengah kepungan teknologi dan arus globalisasi.


“Kami mengapresiasi proses kreativitas ini. Bagi kami tidaklah mudah bagi orang biasa dalam membuat sebuah puisi apalagi dibentuk menjadi antologi seperti ini. Proses kontemplasi dalam membuat puisi ini perlu diberikan apresiasi yang setinggi-tingginya,” ujarnya.


Buku ini membutuhkan waktu sekitar dua bulan penggarapannya yang memuat segala bentuk kisah yang dialami para penulis tatkala hujan datang. Semuanya bermuara pada rangkaian kata-kata yang memiliki medan makna leksinal dan gramatikal.


Ketua Pelaksana Kegiatan, Ilham Zanuari menyampaikan, buku tersebut termuat beberapa puisi yang isinya berbicara tentang kritik sosial yang sering ditemukan di tengah masyarakat perihal hujan tengah hari. Hal inilah yang menjadikan buku ini berjudul "Hujan Ditengah Hari".


"Kenapa hujan tengah hari yang menjadi judul buku ini? Semua karena sebuah pradigma di tengah masyarakat kita. Seringkali kita mengeluh jika sedang panas-panasnya, tiba-tiba hujan turun. Sebetulnya, jika kita mau sedikit merenung dan memahami hakikat hujan, kita akan menemukan butir kebijaksanaan di dalamnya," ungkap mahasiswa semester 4 tersebut.(rlsa)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama