PT. KAMU Mengadakan Pertemuan Membahas Proses AMDAL Dan RK-RPL Rencana Pembangunan PKS

 
 Agam , Sumbar 
Integritasmedia.com Dalam Pertemuan Pembahasan proses AMDAL dan RK-RPL rencana pembangunan PKS PT.KAMU (Karya Agung Megah Utama) dan Tokoh masyarakat Nagari Lubuk Basung, Nagari Manggopoh yang di mediasi oleh pemerintah daerah terhadap pendirian PKS (Pabrik Kelapa Sawit), kegiatan kordinasi tersebut dilaksanakan tepatnya hari ini Rabu (24/8/22) diaula kantor Bupati Kabupaten Agam.

Kegiatan ini dilakukan langsung secara vidio confrence (Vidcont) yang di hadiri langsung oleh pihak konsultan dan Lingkungan Hidup, kadis lingkungan hidup kabupaten Agam, perwakilan jajaran dinas pertanian kabupaten Agam, perwakilan pimpinan dan humas PT. KAMU dan juga turut hadir tokoh masyarakat dan kerapatan adat nagari (KAN) Nagari manggopoh, dan Nagari Lubuk Basung.

Rapat kordinasi ini disambut baik oleh pihak perusahaan dan tokoh masyarakat beserta dinas terkait. selain itu, tokoh masyarakat Lubuk Basung Ir. Novi Endri MSc Dt. Simarajo bertanya dalam penggunaan air bawah tanah dan izin amdal perusahaan sebelum pembangunan pabrik ini, sehingga tidak merugikan masyarakat lingkungan setempat dan begitu juga hendak nya dengan adanya pabrik ini kami sebagai masyarakat bisa lebih di untungkan dengan adanya pembangunan pabrik tersebut, dan pembangunan plasma di areal HGU PT.Kamu sebanyak 20% sesuai dengan permentan No.26 tahun 2017, yang belum terealisasi dengan habis nya HGU PT.Kamu pada tahun 2020 dan sampai saat sekarang dalam proses perpanjangan, ucapnya.

Kadis Lingkungan Hidup Ir. Arif Restu di sela acara tersebut membenarkan tanggapan dari beberapa tokoh masyarakat tersebut, beliau menyampaikan kepada pihak perusahaan agar menjelaskan kebenaran dari pihak perusahaan PT KAMU kepada beberapa tokoh masyarakat bertanya terhadap penggunaan pemakaian air permukaan tersebut, imbuhnya.

Ditambahkan lagi oleh konsultan terhadap pembanguna PKS Lilis, adanya aturan yang mencadang kan 15% terhadap penggunanan dan pemakaian air permukaan yang dilakukan oleh pihak PT.KAMU, dan kami ucapkan terimakasih banyak juga atas yang sudah disampaikan oleh perwakilan tokoh masyarakat sehingga bisa mengingatkan pihak perusahan nantinya, imbuhnya.

Selain itu, tokoh masyarakat nagari Manggopoh yang di wakili wali nagari Ridwan Dt. Tumijo menyampaikan di sela acara rapat tersebut menyampaikan, "kami dari pemerintahan nagari manggopoh sangat mendukung dengan adanya investasi PKS (pabrik kelapa sawit) yang akan di lakukan oleh pihak PT.KAMU, sehingga dengan adanya rencana investasi dari PT kamu banyak harapan-harapan dan dampak terhadap lingkungan di tengah-tengah masyarakat nantinya, dan ini tentunya menjadi tanggung jawab sepenuhnya oleh pihak PT.Kamu dan menjadi dokumen amdal kita, selain itu juga tenaga kerja lokal dari nagari terdekat sebanyak 60% harus di berdayakan dari lingkungan kecamatan terdekat, kontribusi berupa CSR dan membangun sendiri akses jalan sendiri menuju PKS, apapun dampak lingkungannya pihak perusahaan akan memulihkan kembali terhadap dampak tersebut, ini harapan kami dari tokoh masyarakat nagari Manggopoh ini, tutupnya.

Disisi lain, manajemen pihak perusahaan PT.KAMU melalui "Joko Susilo SH, MH ", "Atas dukungan tokoh masyarakat yang merupakan perwakilan dari masyarakat nagari Lubuk Basung dan Nagari Manggopoh, yang bahkan menyatakan mendukung lebih dari seratus persen terhadap pembangunan PKS PT KAMU maka kami dari pihak manajemen tentunya harus menghargai dan mengapresiasi dukungan tersebut dalam bentuk mengakomodir permohonan masyarakat agar memprioritaskan tenaga kerja dari dua nagari tersebut dan mematuhi aturan yang berlaku agar dalam proses pembangunan itu bisa terealisasi dengan baik, sehingga dampak sosial dan hukum dapat dihindari agar suasana selalu kondusif, tutupnya. (Mei Ridwan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama