Dalam Ajang 2022 Online Exchange Programe, SMPN 5 Padang Panjang Berkolaborasi dengan Sekolah Luar Negeri

Padang Panjang, integritasmedia.com - DALAM ajang 2022 Online Exchange Programe, Indonesia-Singapore, SMPN 5 Kota Padang Panjang berkolaborasi dan berinteraksi dengan Naval Base Secondary School Singapura.


Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 15 siswa SMPN 5 dan 15 siswa Naval Base Secondary, Selasa (22/11/22). Dimulai pukul 09.00 WIB sampai 10.30 WIB, dan dibuka oleh Cikgu Lila salah seorang guru yang mendampingi siswa di Naval School. Ia menjelaskan sekilas informasi tentang sekolah di sana.


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pembagian empat kelompok yang masing-masing diikuti empat siswa SMPN 5 dan empat siswa Naval School. Dalam kegiatan itu, siswa Naval School mempresentasikan lima slide tentang informasi sejarah sekolahnya, kegiatan sekolah dan aktivitas di Singapura dan dilanjutkan dengan tanya jawab.


Tampak siswa-siswa SMPN 5 antusias mengikuti kegiatan ini dan mendapat kesempatan memiliki jejaring baru dengan siswa di sana. Tidak hanya itu guru-guru di SMPN 5 juga mendapat banyak wawasan baru terkait informasi sistem pendidikan di negara tersebut.


Kepala SMPN 5, Milda Guza, S.Kom yang ikut hadir menyaksikan interaksi siswanya itu, mendukung sekali hadirnya kegiatan ini.


"Kegiatan ini bagus bagi siswa maupun guru, karena bisa saling berbagi ilmu dan menambah pengalaman," katanya.


Sementara itu Endar Madesa, M.Pd selaku penghubung antarkedua sekolah mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk saling melatih kemampuan berkomunikasi siswa dan membuka cakrawala dan pengalaman baru untuk mengetahui sistem pendidikan di sana, budaya serta punya jejaring internasional.


"Kegiatan ini akan menambah dan membuka cakrawala baru bagi siswa kita. Mereka yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu. Saat interaksi mereka menggunakan bahasa Inggris dan Melayu. Insyaa Allah kegiatan ini akan kita lanjutkan," katanya.(cgs)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama