Lima Nagari Salingka Danau Singkarak, Ditanami 6000 Pohon Produktif

Solok, integritasmedia.com - LIMA Nagari di salingka Danau Singkarak mendapat bantuan 6000 bibit pohon produktif tahap I dalam rangka penyelamatan Danau Singkarak. Lima Nagari itu adalah, Nagari Sumani, Nagari Tikalak, dan Nagari Saniangbaka untuk Kabupaten Solok Kemudian Nagari Simawang serta Guguak Malalo di Kabupaten Tanah Datar.


Pada penanaman tersebut, Badan Pengelolaan Kawasan Danau Singkarak mendapatkan bantuan berupa 6000 bibit tanaman produktif dari PT. PLN UPDK Bukittinggi, seperti cengkeh, alpukat dan manggis, serta 1000 batang bibit rambutan dari Balai Wilayah Sungai Sumatera V.


Kegiatan itu diprakarsai oleh Badan Pengelola Kawasan Danau Singkarak Berbasis Nagari. Bekerja sama dengan PLN UPDK Bukittinggi yang dipusatkan di Halaman Rumah Gadang Subarang, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Solok, Asnur mengatakan, kegiatan penanaman pohon dalam rangka pencanangan Gerakan Menanam Pohon Indonesia Tahun 2022 itu sebagai upaya bersama dalam memenuhi tanggung jawab daerah sesuai Peraturan Presiden Nomor 60 tahun 2020 mengenai aksi penyelamatan Danau Prioritas I, yaitu Danau Singkarak.


”Semoga bantuan ini dapat dipelihara dan dijaga sampai nantinya menjadi tanaman produktif. Serta bisa memberikan nilai ekonomis untuk masyarakat,” harapnya.


Lebih lanjut Asnur mengatakan, penanaman pohon ini jangan hanya sekedar seremonial belaka, namun diharapkan dapat memberikan nilai ekonomis juga.


”Penanaman pohon di sekitar Danau dapat sebagai konservasi alami dalam penyediaan air, karena kebutuhan air di danau sebagai alat untuk menggerakkan turbin PLTA Singkarak,” ujarnya.


Untuk itu, air danau tersebut harus dijaga dengan cara menanam pohon sehingga sumber air akan banyak dan air danau tidak berkurang. Air danau merupakan investasi bagi PLN dan apabila air berkurang maka berdampak terhadap arus listrik.


Dalam pencanangan itu, turut hadir Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Indragiri Rokan, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Kepala BPDAS Agam Kuantan, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Kepala PLN UPDK Bukittinggi, Camat beserta Forkompimcam Sekitar Danau Singkarak, Walinagari bersama Tokoh-tokoh Masyarakat Nagari Sekitar Danau Singkarak, Kelompok Tani Junjung Sirih.(Roni)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama