Siapkan ASN Profesional, Pemkot Solok Bekali CPNS Pembelajaran Klasikal

Solok Kota, integritasmedia.com - PEMERINTAH Kota Solok memberikan pembelajaran klasikal bagi puluhan CPNS. Pembelajaran dengan metode blended learning itu dipusatkan di gedung SKB Kota Solok. 


Sebelumnya, CPNS Kota Solok juga telah melewati pembelajaran mandiri atau MOOC (Massive Open Online Course). Kemudian, pembelajaran secara daring (e-Learning) yang terdiri dari distance learning dan habituasi. Ditutup dengan pembelajaran klasikal.


Dalam pembelajaran dari 11-16 November 2022 itu, peserta juga akan mendapatkan pembimbingan Rencana Aktualisasi (Coaching dan Mentoring), serta Seminar Akhir Rancangan Aktualisasi.


Kabid pengembangan kompetensi manajerial BKPSDM Provinsi Sumbar Ir. Khairanti khairanis, M.Si dalam sambutannya menegaskan.  Bahwa sebagai seorang ASN paling tidak harus memiliki tiga hal yang menjadi poin penting dalam menjalankan tupoksinya. 


Khairanti menjelaskan,  bahwa seorang ASN harus bisa merespon tuntutan publik dengan cepat, menjawab semua kebutuhan masyarakat melalui tindakan nyata dan terobosan-terobosan baru yang inovatif.


Sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Kabid pengembangan kompetensi manajerial BKPSDM Provinsi Sumbar. Wawako Solok mengatakan dalam sambutannya bahwa Pemerintah Kota Solok dalam hal ini sangat mengharapkan melalui pelatihan ini, para peserta dapat menjadi sosok ASN yang disiplin, serta memiliki loyalitas, solidaritas, dan integritas yang tinggi. 


Menurutnya, sebagai seorang ASN, paling tidak harus memiliki tiga hal yang menjadi poin penting dalam menjalankan tupoksi. Seorang ASN harus memiliki cara pandang dalam membangun komunikasi dan kolaborasi dalam membangun negeri.


“Aparatur Sipil Negara sebagai pelayan publik, ASN sebagai pelaksana kebijakan, dan ASN sebagai penjaga negeri atau perekat dan pemersatu bangsa. Seorang ASN harus bisa merespon tuntutan publik dengan cepat, menjawab semua kebutuhan masyarakat melalui tindakan nyata dan terobosan-terobosan baru yang inovatif,” terangnya.


Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra menjelaskan, dalam menjalankan tugas dan fungsi, ASN juga mesti menjadi pribadi yang disiplin. Kemudian memiliki loyalitas, solidaritas dan integritas yang tinggi terhadap daerah, bangsa dan negara.


“ASN merupakan cerminan daerah dalam bekerja, dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Untuk itu, seorang ASN harus disiplin. Perlu kita ingat bersama, kita hadir untuk melayani masyarakat dengan berbagai kebutuhannya,” papar Dhani.


Lalu Ia berharap dengan semakin bertambahnya PNS di Kota Solok nantinya, semakin meningkatkan kinerja maupun pelayanan publik. Para pegawai merupakan ujung tombak dalam pembangunan daerah dan menjadi contoh bagi masyarakat.(Roni)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama