Pemko Solok Libatkan Perantau Susun Ranwal RPJPD Tahun 2025-2045


Solok, integritasmedia.com - SUSUN Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2024, Pemerintah Kota Solok melakukan penjaringan aspirasi dan tampung pemikiran Perantau di Jakarta.


Langkah penyusunan ranwal RPJPD ini digelar dalam Focus Group Discussion (FGD). Yang mengusung tema Sinergitas Perencanaan Pembangunan Kota Solok Tahun 2024 dengan Perantau, Sabtu (14/1/23)  di Hotel Balairung Jakarta.


Hadir dalam kegiatan FGD Penyusunan Ranwal RPJPD ini, Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, Wakil Wali Kota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, Sekretaris Daerah Drs. Syaiful A., M.Si, Asisten Sekda Bidang Ekbang Jefrizal, S.Pt, MT, Kepala Bappeda Dr. Desmon dan beberapa Kepala OPD terkait, Bagian Prokomp.


Dari pihak perantau  hadir Dr. Liferdi, SP, M.Si, Willy Aditya, S,Fil, M.T, AKBP Hendri Umar SIK, MH, Rinaldi Rustam, SE, ME, Ekonom Defian Cori, Dr. Ir. Har Adi Basri, M.Sc, Dessy Aliandrina, PhD, Maizul Hadi Jabbar, SE, M.Par, Ir. Maxdeyul Sola, MBA, MM.


Menyemangati itu, Walikota Solok Zul Elfian Umar mengucapkan terimakasih dan penghargaan. Kepada tokoh-tokoh Solok di perantauan yang menyempatkan hadir memenuhi undangan Pemko Solok ditengah kesibukan yang sangat padat.


"Sengaja kami undang bapak-bapak dan ibuk-ibuk sebagai salah satu upaya guna mewujudkan pemahaman bersama, terhadap sinkronisasi perencanaan pembangunan dan isu-isu Strategis serta Permasalahan Pembangunan di Kota Solok. Melalui penjaringan aspirasi dan menampung pemikiran Perantau Kota Solok yang ada di Jakarta" ungkap Wako.


Dijelaskan, Pemerintah Kota Solok pada tahun 2023 ini akan mulai menyusun  RKPD Tahun 2024, karena Musrenbang RPJPD dilaksanakan paling lambat 1 tahun sebelum berakhirnya periode RPJPD 2005-2025.


Ranwal RPJPD nantinya akan menjadi dasar penyusunan RPJMD secara teknokratik dan pedoman dalam perumusan visi, misi, dan program bagi calon Kepala Daerah yang akan mengikuti pilkada serentak 2024.


"Hasil yang kita diskusikan hari ini, tentuanya menjadi point-point yang akan menjadi rumusan berharga dalam penyusunan rencana Solok kedepan. Semoga sumbangan pemikiran bapak ibuk menjadi amalan ibadah disisi Allah SWT", jelas Zul Elfian.(rny/tmy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama