Stabikan Pengendalian Inflasi Daerah, Pemkab Solok Ikui Rakor Vidcon Bersama Kepala OPD

Arosuka Solok, integritasmedia.com - DALAM upaya untuk mengstabikan Pengendalian Inflasi Daerah Pemkab Solok Ikui Rakor Vidcon Bersama Kepala OPD. Bupati Solok dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Medison, S. Sos, M. Si,  Plt. Asisten II  Syaiful, ST, MT, dan  Kepala OPD. Ikuti Vidcon Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Senin, (9/1/23) di Ruang Rapat Sekretariat Daerah.


Sekdakab Solok Medison menyatakan, berdasarkan arahan Presiden, penanganan inflasi dilakukan seperti mekanisme penanganan Pandemi Covid 19. Oleh karenanya, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menggelar rapat secara rutin agar penanganan inflasi dapat selalu dievaluasi. 


Lalu kata Medison, Rakor yang dilaksanakan rutin tiap minggu ini dipimpin langsung oleh Mendagri Tito Karnavian. "Dalam arahannya, Mendagri Tito menyampaikan bahwa saat ini inflasi nasional mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. Data di per Desember 2022 menunjukkan berada di angka 5,51 persen," ujarnya.


Lebih lanjut sekdakab Solok  melaporkan penyebab inflasi saat ini yaitu gangguan rantai pasok komoditas pangan dan energi akibat dari konflik heopolitik, penyesuaian harga akibat adanya kenaikan harga BBM, serta panen musiman pada komoditas pangan yang menyebabkan penurunan suplai pada periode tertentu.


Mendagri Tito juga menyampaikan inflasi ini merupakan permasalahan dunia pada saat ini. Bahkan di beberapa negara eropa mengalami kenaikan 3 kali lipat untuk harga barang dan jasa. 


“Semua negara G20 inflasinya di atas angka kita, tentu ini semua berkat koordinasi yang sangat baik dari tim pengendali inflasi tingkat pusat dan daerah,“ kata Tito.(rtmy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama