Payakumbuh, Integratasmedia. Com – Pemerintah Kota Payakumbuh yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Payakumbuh mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) terkait percepatan penurunan angka stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem bertempat di Aula Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat (3/2/2023).

Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda di dampingi oleh Pj. Sekretaris Daerah Dafrul Pasi serta kepala OPD terkait.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Rida Ananda mengatakan digelarnya rakor adalah tindak lanjut instruksi Presiden untuk mempercepat penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem.

“Kegiatan rakor ini, untuk menindaklanjuti upaya penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kota Payakumbuh sesuai dengan instruksi Presiden angka stunting dan angka kemiskinan ekstrem harus diturunkan,” katanya.

Berdasarkan hasil SSGI tahun 2022, Prevalensi Stunting Kota Payakumbuh 17,8% dibawah rata-rata Nasional, Provinsi dan dibawah target kinerja Kota Payakumbuh tahun 2022 sebesar 18%.

Rida mengharapkan kedepannya karena sudah diketahui angka stunting dan kemiskinan ekstrem di Kota Payakumbuh tentu menjadi satu fokus sasarannya dalam menurunkan angka tersebut.

Harapan ke depannya, tentu dengan adanya koordinasi baik dari TPPS dan OPD terkait, Seluruh program menjadi satu fokus sasarannya untuk menurunkan angka stunting dan kemiskinan ekstrem,” harap Rida.

Senada, Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Yasrizal mengatakan ada beberapa objek yang harus di jadikan fokus yaitu Pencegahan pernikahan dini guna mengurangi angka keturunan stunting, Pencegahan stunting dengan memaksimalkan pola asuh anak dalam keluarga, Pengoptimalan peran kader BKB dalam usaha pencegahan dan penanganan stunting, Penambahan pengetahuan tentang stunting dan Usaha peningkatan gizi.

Ditambahkan Yasrizal Rakor ini bertujuan untuk menguatkan sinergi dan kepedulian TPPS dalam rangka koordinasi dan evaluasi terhadap stunting kompetensi.

“Tujuan pertemuan ini adalah untuk menguatkan sinergi dan kepedulian tim percepatan penurunan stunting dalam rangka koordinasi dan evaluasi terhadap stunting kompetensi yang dilaksanakan oleh OPD terkait baik secara serentak, terprogram maupun lintas sektor,” Jelas Yasrizal

Diakhir penyampaiannya, Yasrizal berharap Semoga dengan adanya kegiatan ini semakin memupuk serta menguatkan semangat sebagai tim penurunan stunting sehingga bisa menurunkan angka stunting di Kota Payakumbuh sehingga bisa menghasilkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani serta bisa bermanfaat bagi masyarakat.(