Wawako Ramadhani Kirana Putra : Event Budaya Sumarak Anak Nagari, Diharap Mampu Bangkitkan Destinasi Wisata di Kota Solok

Solok Kota, integritasmedia.com - WAKIL Walikota Dr. H. Ramadhani Kirana Putra Secara resmi membuka kegiatan Sumarak Anak Nagari bertajuk "Mahakarya Kampung Jawa" bertempat di Belibis Green Park kelurahan Kampung Jawa Sabtu,  (25/2/23).


Turut Hadir Asisten Bidang Ekonomi pembangunan Jefrizal, Kepala dinas Pariwisata Milda Murniati, Kepala Dinas Koperindag Zulferi, Kepala Dinas Pemuda Dan Olah Raga Nurzal Gustim, Kepala DPMTSP Elvi Basri serta Camat Tanjung Harapan Feri Agriadi. 


Mengawali sambutannya Wawako menyampaikan bahwa pulau belibis àdalah salah satu potensi wisata luar biasa yang ada di Kota Solok. Untuk itu mari kita jaga dan budayakan tentu tempat wisata kebanggaan Kota Solok ini.


"Karena selama ini  Pemerintah Kota Solok bersama mitra kerja terkait terus melakukan berbagai upaya untuk memajukan sektor pariwisata yang ada di Kita Solok. Yaitu dengan cara melakukan pembenahan di tempat-tempat wisata yang ada di Kota Solok," ujarnya.


"Kita harus mengemas dan menciptakan sesuatu hal yang baru,  sehingga dapat menarik simpatik masyarakat datang ke daerah Kota Solok.  Baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara," ujarnya lagi.


Dia memaparkan, alhamdulillah kalau kita lihat perkembangan serta kilas balik kemajuan Kota Solok dari berbagai sektor, dengan berbagai upaya selalu ditingkatkan. Bila mengarah di sektor pariwisata darah, kota Sokok sudah banyak mengalami peningkatan. Meningkatnya daya tarik pariwisata dapat dilihat dari tahun ketahun sampai tahun 2023 ini.


"Tentunya peningkatan jumlah kunjungan ini disebabkan oleh adanya pembenahan pada Objek Wisata yang ada di Kota Solok," ujarnya.


Ada berbagai objek wisata di Kota Solok. Seperti Objek Wisata  Taman Pulau Belibis yang berhasil menarik banyak minat pengujung dari dalam dan luar Kota Solok, serta pada beberapa objek wisata lainya. Seperti Laing Adventure Park, Solok Water Park, Objek Wisata Puncak Payo, Air Terjun Sarasah Batimpo Laing, Taman Bidadari, Taman Ruang Terbuka Hijau di Jantung Kota Sokok, dan beberapa objek wisata yang sedang dikembangkan secara swakelola oleh masyarakat lainya.


Ada lagi di Kota Solok saat ini salah satu yang menjadi tempat favorit bagi masyarakat dan parawisatawan yang datang berkunjung ke Kota Solok,  adalah Agrowisata Sawah Solok, yang mana tempat wisata yang satu ini menyajikan pemandangan hamparan sawah Solok yang begitu indah yang juga didukung oleh sarana dan prasarana lainya seperti penyediaan saung saung bagi pengunjung, menyediakan berbagai bentuk makanan tradisional, wahana anak dan spot foto dan masih banyak sarana pendukung lainya yang siap memanjakan pengunjung.


Keberadaan Agro Wisata Sawah Sokok ini, tidak hanya kalangan orang tua dan anak saja yang berdatangan. Akan tetapi kehadiran wisata Sawah Solok ini juga mampu menarik perhatian kampus-kampus dari luar daerah, sehingga Sawah Solok ini dijadikan sebagai salah satu tempat menggali sumber ilmu pendidikan terutama di bidang pertanian.


 "Kewajiban kita bersama-sama masyarakat bagaimana kita menggali potensi ini, agar tetap semarak.  Serta menyebarluaskan ikut menginformasikan bahwasannya di Kota Solok mempunyai tempat wisata yang cukup menarik yakni Pulau belibis," sebut Wawako.


Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kolaborasi antara masyarakat dengan Pemerintah, karena Kampung Jawa merupakan kelurahan yang heterogen sehingga ini akan menjadi kekayaan tradisi yang harus kita jaga. Dukungan masyarakat yang besar akan menjadi kekuatan bagi Pemerintah untuk menjadikan Kota Solok Berjuara.


Pemerintah kota akan selalu berupaya melakukan perbaikan meningkatkan kualitas tempat wisata ditempat kita, disamping pulau belibis juga memberikan dukungan kepada tempat wisata-wisata lainnya yang ada di kota kita.


"Mudah-mudahan dengan kolaborasi bersama-sama dalam momentum festival Semarak anak negeri ini silaturahim antara pemerintah dengan kota dengan masyarakat semakin dekat hendaknya", tutup Wawako. 


Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada juara menyusun Puzzle dan diikuti dengan penampilan Kesenian oleh Ikatan Keluarga Batak (IKB) Kota Solok.(tmyrn)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama