Dinilai Sebagai Pemimpin Terinspiratif di Indonesia, Bupati Solok Terima Dua Penghargaan Dari Asia Leaders Award

Advertorial Pemkab Solok, integritasmedia.com - DINILAI sebagai Pemimpin Terinspiratif di Indonesia, Bupati Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar, meraih dua Penghargaan Visioner Leader of Indonesia, oleh Seven Media Asia. Adapun dua penghargaan itu yakni ‘Visoner Leaders Of Indonesia' dan Penghargaan dari  kategori ‘ Innovator Of The Year In Education 2023. Penghargaan itu dikhususkan untuk para "Leader Indonesia Terbaik" dan Inovatif bagi Indonesia Maju.


Kedua penghargaan itu diterima langsung Bupati Solok Capt. Epyardi Asda, M.Mar. Pada malam puncak Asia Leaders Award, yang dipersembahkan oleh Seven Media Asia,  Asian Global Council  dan Majalah Leader Indonesia di Trans Resort Bali, Kota Bali, Jumat (24/2/23). 


Officer dari Seven Media Asia, Restu lingga menyampaikan, bahwa penghargaan yang diberikan pada malam Asian Leaders Award tersebut diberikan kepada pemimpin Inspiratif terbaik Indonesia. Yang meliputi Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota), Legislatif (DPR RI, DPD RI, DPRD), Perusahaan (Swasta), Badan Usaha Milik Daerah, Badan Usaha Milik Negara, terbaik di Indonesia.


“Dasar penghargaan ini adalah atas kinerja dan prestasi kepemimpinan dalam melakukan perubahan dan percepatan, serta inovasi baru dalam mewujudkan Indonesia maju. Diantaranya meliputi Leadership, Education, Impact, Marketing dan Innovation di tingkat nasional dan internasional,” sebutnya


Kemudian dikatakan Restu, indikator lainnya adalah berdasarkan penilaian kualitatif keberhasilan terhadap  kepemimpinan tahun 2021 s/d 2022. Yang telah dicapai dengan memberikan standar yang tinggi kepada penerima penghargaan.

Diantaranya mencakup Quality performance, Responsbility, Attractiveness dengan atribut pengukuran layanan inovatif dan berkualitas, tata kelola atau manajemen yang baik, mampu berkembang dengan mengikuti perubahan, serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi.


Anugerah Penghargaan No.1 Bergengsi di Tingkat Asia itu berupa Asia Leaders Awards 2023 (Visioner Leaders Indonesia) ini. Diberikan kepada mereka yang terpilih, khususnya pemimpin inspiratif terbaik, yang meliputi Gubernur, Bupati/Walikota, Legislator, Perusahaan (Swasta) dan BUMN/BUMD. Penghargaan diberikan atas pencapaian kepemimpinan dalam melakukan perubahan dan pencapaian serta inovasi baru dalam mewujudkan Indonesia maju.


 Pihaknya berharap kepala daerah untuk terus membangun inovasi dan memiliki karakter pemimpin visioner, demi suksesnya program strategis pembangunan nasional. Maupun daerah yang pada tujuannya adalah untuk menyejahterakan masyarakat di daerah yang diayomi


Ditegaskan dia, ajang ini akan menjadi wadah yang baik untuk menilai kualitas kepemimpinan para kepala daerah. Kualitas leadership kepala daerah dalam menjalankan amanah, menjadikan daerahnya memiliki daya saing yang baik. 


"Masing-masing daerah dan kepala daerah memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada yang lebih fokus di komoditi, ada yang di city branding, tata kelola, teknologi. Sehingga, dibutuhkan pemimpin yang memiliki gagasan inovatif dan visioner," ungkapnya. 

Menurut dia, Bupati Solok Epyardi Asda layak menerima penghargaan bergengsi tersebut. Menurutnya, penilaian tersebut tidak asal diberikan oleh Seven Media Asia & President Asia Global, serta Majalah The Leader Indonesia, kepada seseorang atau badan, namun melalui penilaian yang teliti.


Sangat wajar Bupati Solok menerima penghargaan tersebut, karena sudah dicermati tim dari Seven Asia dan President Global di bawah pimpinan Bapak Reza Batara Putra, MBA serta Majalah The Leader Indonesia,” sebutnya.


Sementara itu, Bupati Solok H. Epyardi Asda Menyampaikan “Bagi Saya Penghargaan Ini bukan hanya diperuntukkan kepada Bupati Solok saja, Namun ini merupakan hasil dari Kepemimpinan Kita Bersama sebagai Satu Kesatuan Solok Super Team (SST). Dengan Tekad Mambangkik Batang Tarandam menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat.

Dengan kerja sama semua stakholder dan semua OPD yang ada. Pemkab Solok secara nyata telah mengembalikan Kejayaannya. Dimana sebelumnya kita Berada di Posisi Kabupaten Peringkat Tiga Terendah di Sumatera Barat. "Dan selama Satu Tahun Lebih, telah berhasil Mencapai Peringkat Tertinggi dan dibuktikan dengan Mendapatkan Penghargaan di Berbagai Lininya," sebut Bupati Solok.


Bupati Solok menyatakan,  penghargaan ini diterima adalah karena Seven Media Asia & President Asia Global, serta Majalah The Leader Indonesia.  Menilai Bupati Solok berhasil dalam mengatasi permasalahan strategis di masyarakat selama ini. 


Lebih lanjut dikatakan dia, untuk penghargaan sebagai pemimpin terbaik. Dirinya mengaku, hal itu bukanlah sepenuhnya kerja ia sendiri.  Melainkan dari kerja bersama Solok Super Team. Epyadi pun mengapresiasi SST karena kerja kerasnya selama ini.

“Penghargaan ini sebetulnya bukan milik saya tetapi milik Solok Super Team. Saya hanya sebagai pimpinannya saja, yang bekerja adalah ribuan PNS dan pegawai/pekerja. Seharusnya yang berada di sini adalah mereka semua,” tuturnya.


Mantan anggota DPR RI tiga kali itu mengakui, sangat butuh kerja keras dalam membangun kabupaten yang ia pimpin. Apa lagi dalam  upayanya mewujudkan visi dan misi yang diprogramkan. Terutama “Mambangkik Batang Tarandam”. Sementara saat ia baru menjabat, Bupati Kabupaten penghasil beras tersebut jauh terbelakang dari berbagai segmen. 


Namun untuk mengejar semua itu, Bupati Solok sekarang dengan tegas telah menuangkan kedalam sebuah Visi-Misi daerah. “Mambangkik Batang Tarandam". "Menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat. Diakui atau tidak, telah  memberikan bukti nyata pada masyarakatnya, walau dalam penataan pembangunan, dia mengakui belum semua  bisa terpenuhi," cetusnya.

Epyardi Asda menyatakan, tidaklah gampang dalam mewujudkan semua itu, tentunya sangat perlu kerja keras dan keterpaduan dengan semua SKPD dan stakeholder yang ada di jajaran Pemerintah Kabupaten Solok. Dan sinergi dengan berbagai kalangan masyarakat dan berbagai kesatuan Organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Solok. Beliau meyakini, secara perlahan namun pasti, kesemua itu tentunya bakal dapat diwujudkannya dengan secara maksimal.


“Memang tidak mudah, butuh tim yang tangguh. Maka itu saya bentuk Solok Super Team (SST). Selama ini kita terperosok jauh tertinggal dari daerah lain di Sumbar. Kini dapat dilihat, satu persatu, kabupaten kita ini mulai dilihat dari tingkat Nasional hingga Internasional, berbagai penghargaan mulai didapatkan, ini salah satu bentuk apresiasi dari berbagai pihak kepada kita di Kabupaten Solok,” tuturnya.



Seperti diketahui, Epyardi pernah diundang ke Singapura sebagai salah satu kepala daerah yang terpilih dalam program Digital Leadership Academy (DLA). Penghargaan dari Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat pun memberikan penghargaan kepada Bupati Solok sebagai Kabupaten Predikat Tertinggi Tingkat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik tahun 2022,  se-Kabupaten di Sumatera Barat.

Penghargaan mampu pertahankan  Opini OTP kelima kalinya 2022. Penghargaan Capaian 100% dana bergulir masyarakat BUMDESMA dari Mentri Desa PDTT 2023. Penghargaan Daerah Pendukung UMKM 2022, terkolaboratif di wilayah sumbar 2022. Penhargaan Pemkab Solok sebagai daerah Bebas Fremibusia tingkat Nasional di Lombok 2022, dan banyak prestasi lainya.


Penghargaan dari BKKBN, sukses turunkan Stunting tahun 2022. Kategori daerah yakni, Pemkab juga berhasil menurunkan angka stunting dengan sangat signifikan, dari 40,1 persen menurut SSGI pada tahun 2021, menjadi 24,2 persen pada tahun 2022. Terjadi penurunan stunting di Kabupaten Solok sebesar 15,9 persen. 


Penurunan sebesar 15,9 persen itulah yang menjadikan Kabupaten Solok mendapat prediket terbaik penanganan Stunting di Sumatera Barat. Tidak hanya itu Kabupaten Solok juga termasuk terbaik tingkat nasional dalam Audit Stunting.(tm)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama