Bupati Solok Apresiasi Festival Tiga Embung Nagari Gauang, Agar Mampu Promosikan Budaya Nagari dan Bangkitkan Produk UMKM

Arosuka, integritasmedia.com - BUPATI Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M.Mar dalam kesempatan itu meyampaikan. Di kabupaten Solok selain dari pertanian yang kita banggakan ialah Pariwisatanya, melalui pariwisata maka perekonomian Kabupaten Solok akan meningkat.


Saat ini kata dia, Alhamdulillah pembinaan masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah Nagari Gauang sudah di lakukan dengan baik. "Kepada Dinas Wisata Kawasan Embung ini agar di berikan penataan dan pembinaan agar dapat dinikmati sebagai kawasan pariwisata," ujar Bupati Solok saat acara Ajang Festival Tiga Embung Nagari Gauang Kecamatan Kubung, Kamis, (16/3/ 23) di Nagari Gauang


Diapaikan Epyardi Asda, saat ini tengah beredar kabar bahwa masyarakat Kabupaten Solok masih ada yang berada dibawah garis kemiskinan. Untuk itu kepada seluruh walinagari, saya perintahkan untuk mendata seluruh masyarakat yang berstatus miskin dan nanti akan kita carikan solusinya.


Dalam sambutannya Bupati Solok turut menerima usulan perbaikan jalan penyangkalan menuju Gauang. SDN 27 Gauang, perbaikan sekolah yang nanti akan dilakukan pengecekan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Solok. Kemudian  kelompok tani irigasi banda Laweh, namun masih terkendala karena akses perbaikan merupakan tanggung jawab pemerintah provinsi dan masih belum ada keberlanjutan untuk perbaikannya.


Pengerasan jalan usaha tani lingkar hutan, namun terkendala karena Lokasi tersebut masih dalam kawasan hutan lindung. Untuk itu Bupati Solok akan membentuk tim guna pembebasan kawasan hutan lindung tersebut. Perbaikan puskesmas pembantu di Nagari Gauang dan sebagainya


Ketua Panita Rizal Idzeko, SE melapirkan, kegiatan dapat terlaksana berkat kerja sama dan dukungan masyarakat Nagari Gauang. Kegiatan ini diharapkan dapat mempromosikan Kawasan Embung, Budaya Nagari, serta Produk Produk UMKM di Nagari Gauang.


Alhamdulillah Embung kita ini telah termasuk menjadi warisan budaya tak benda Kabupaten Solok. Kami sangat berterimakasih atas kedatangan Bupati Solok. Semoga dapat memberikan arahan dan pembinaan kepada kita semua.


Pada kesempatan tersebut Bupati Solok juga memerintahkan Kepada Dinas Sosial untuk mempermudah kepengurusan BPJS Kesehatan terhadap masyarakat yang kurang mampu.(rtmy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama