Kwarcab Pramuka Kota Solok Gelar Lomba Tingkat 3 Penggalang

Solok, integritasmedia.com - PULUHAN kader mengikuti lomba tingkat 3 Pramuka Penggalang se-Kota Solok. Lomba tersebut menjadi ajang dalam mengasah kemampuan dan keterampilan, serta penghayatan terhadap kode kehormatan dalam kepramukaan bagi seluruh kader penggalang.


Bagi Kwartir Cabang Pramuka Kota Solok, lomba tingkat merupakan agenda wajib. anggota di berbagai tingkatan mesti terus mengasah kemampuan dan keterampilan dasar dalam ilmu kepramukaan.


Ketua Kwarcab Pramuka Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra mengatakan, pada dasarnya lomba dan latihan yang dilakukan tidak terlepas dari upaya dalam mencetak kader yang unggul. Selain unggul secara fisik, juga mental dan pengetahuan.


"Anggota pramuka merupakan pribadi yang berkarakter. Punya kemampuan fisik, menatal dan semangat pantang menyerah. Tidak hanya dalam kegiatan pramuka, namun juga dalam kehidupan sehari-hari," kata Dhani (10/3/23).


Rencananya, lomba berlangsung selama 3 hari dari 10-12 Maret 2023. Para peserta yang terbagi dalam berbagai regu akan melakukan penjelajahan dan meyelesaikan misi yang ditetapkan. Panitia menyediakan scan barcode untuk menentukan arah perjalanan.


Lalu Ia meminta seluruh peserta untuk dapat mengikuti rangkaian perlombaan dengan penuh semangat dan keceriaan yang menjadi ciri khas pramuka. Tantangan dalam lomba menjadi sarana untuk mengasah kemampuan masing-masing regu.


Wawako juga sangat mengapresiasi seluruh panitia dan keluarga besar Pramuka Kota Solok yang menginisiasi perlombaan. Walau di tengah berbagai kesibukan, seluruh pengurus dan kader masih bisa memberikan perhatian untuk pengembangan pramuka.


"Selamat untuk panitia dan juga peserta. Perlombaan sudah memanfaatkan teknologi digital. Ini sebuah langkah maju agar kegiatan kepramukaan di Kota Solok juga semakin berkembang," tutup Dhani.


Sementara itu, Ketua Pelaksana LT III, Yuniarti, menyampaikan, para peserta akan mengikuti 17 lomba dengan rincian, lomba hasta karya, melukis, reportase dan administrasi regu, lomba packing, semboyan isyarat, menaksir, sketsa panorama, peta pita kompas, halang rintang, pioneering, masak rimba, bivak, P3K, pidato, PBB dan senam pramuka.


"Untuk pemenang ditentukan dengan akumulasi pemenang masing-masing regu pada setiap mata lomba dengan ketentuan juara I dapat 5 poin, juara II dapat 3 poin dan juara III dapat 1 poin," tukasnya.(tmy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama