Diduga Tidak Ada Persiapan Dan Kesiapan Satu Nagari  Satu Event Nagari Pasir Lawas  Diundur.

Tanah Datar,IntegritasMedia.com

Kegiatan satu nagari satu event  sebagai bentuk dan upaya menjaga dan memelihara adat dan budaya, juga kuliner-kuliner tempo dulu yang saat ini sudah mulai tergerus oleh zaman, dari itu dengan adanya satu event satu nagari  dapat menghidupkan kembali keunikan dan keanekaragaman disetiap nagari dan sekaligus meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui UMKM.


Dalam pelaksanaan   satu nagari satu event ini, setiap nagari membutuhkan kesiapan, baik itu persiapan tempat dan kesiapan segala sesuatu yang dirasa perlu untuk dimatangkan.


Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media ini. Diduga kurangnya persiapan dan kesiapan Nagari Pasir Lawas, Kecamatan Sungai Tarab, pelaksanaan satu nagari satu event yang dijadwalkan pelaksanaannya tanggal 4,5 dan 6 Juli dikabarkan bakal diundur. 


Pasalnya berdasarkan rapat pemerintahan nagari, pada hari rabu, 17 Mai 2023 di aula kantor wali nagari pasir lawas, yang dihadiri lembaga unsur, panitia dan tokoh masyarakat, bahwasanya satu nagari satu event nagari pasir lawas diundur, sampai waktu yang belum bisa ditentukan.


Diundurnya satu event satu nagari pasir lawas ini informasi yang dihimpun awak media ini, disebabkan kurangnya mis komunikasi antara pemerintahan nagari dan pemangku adat dinagari.


Salah seorang peserta yang namanya tidak mau diexpost dimedia ini mengatakan, " menurut rencana awal pelaksanaan satu nagari satu event dinagari pasir lawas akan disandingkan dengan acara " Batagak Pangulu" pada bulan juli 2023". Dan batagak penghululah Iconnya", Bebernya.


"Ditambahkannya adapun dalam kegiatan satu nagari satu event nagari pasir lawas ini yang bakal ditampilkan adalah, membikin tali dari ijuk, membikin tali dari akar sijantuang yang merupakan sumber ekonomi masyarakat pasir lawas dahulunya, serta bakubang membuat makanan khas nagari pasir lawas tempo dulu dan juga memasak samba lado tulang manih dan sebagainya". Sampainya.


Dan tidak kalah lagi Icon yang menariknya yaitu " Batagak Pangulu",  karena batagak pangulu ini sudah lebih kurang 50 tahun belum pernah dilaksanakan dinagari pasir lawas". Ujarnya.


Menurut informasi yang dihimpun awak media ini, ketika pelaksanaan rapat yang diselenggarakan diaula kantor wali nagari  itu sempat Wali nagari  membubarkan kepanitiaan yang sudah dibentuk selama ini.


Sementara itu awak media IntegritasMedia.com mencoba mengkonfirmasi Arif Eka Putra. A.md selaku Kasi Kesejahteraan, Ia mengatakan, " memang benar satu nagari satu event di nagari pasir lawas akan diundur disebabkan beberapa hal seperti, persiapan untuk batagak pangulu masih menyelesaikan gugatan dari beberapa kaum yang akan di selesaikan datuak 4 suku. 


Dan mengenai kapan jadwal akan dilaksanakannya satu nagari satu  event nagari pasir lawas, Arif Eka Putra mengatakan, " masih menunggu informasi dari datuk 4 suku". Kata Arif.


Pewarta : Bonar Surya.










Post a Comment

Lebih baru Lebih lama